YALPK | Klaten – Telah dilaksanakan Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2019 di lapangan DesKalangan, Kec.Pedan, Kab.Klaten dengan Irup Drs Jaka Sawaldi MM Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.Klaten dan selaku Komandan Upacara Kapten Inf Dwi Haryono Danramil 22 Wonosari Kodim 0723/Klaten, (02/10/19).

Upacara pembukaan TMMD di ikuti oleh Kodim 0723/Klaten, Polres KlatenSatpol PPDinas Perhubungan, BPD, Perangkat Desa, Linmas, Karangtaruna, Kokam, dan Banser serta PNS baik dari TNI/Polri maupun Pemda. Bahkan siswa – siswi SD , SMP dan SMA serta Pramuka dari Kecamatan Pedan juga ikuti upacara, dan total peserta sekitar 800 orang. TMMD kali ini mengambil tema ” Melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat “.

 

Lettu Arh Warsono Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0723/Klaten dalam membacakan Laporan Rencana Pelaksanaan Kegiatan TMMD memiliki sasaran pokok Betonisasi jalan dengan panjang 550 m, Lebar 3,5 mtebal 15 cm, pembuatan talud panjang 700 m, tinggi 90 cm dan lebar 40 cm. sedangkan sasaran tambahannya  Rehab RTLH 10 UnitJambanisasi keluarga 10 Unit dan Rehab tempat ibadah 1 Unit. Sasaran non fisiknya berupa penyuluhan kepada masyarakat.

Sedangkan sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah sebesar 265 juta, APBD kabupaten Klaten sebesar 327,5 juta dan swadaya masyarakat Desa Kalangan Kecamatan Pedan sebesar 20 juta.

Sementara itu Sambutan H. Ganjar Pranowo, SH. M.IP (Gubernur Jawa Tengah) yang dibacakan oleh Drs Jaka Sawaldi MM mengatakan Program TMMD inilah bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita hari ini. Karena mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara baik, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme, tidak mungkin hanya mengandalkan peran Pemerintah Pusat saja, TNI/Polri saja, atau Pemerintah Daerah saja.

 

“ Semua mesti keroyokan, dan semua mesti bersinergi serta bekerjasama bersama rakyat untuk menyelesaikan persoalan- persoalan tersebut. Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi , “ ungkapnya.

Pada akhir sambutannya Sekda meminta seluruh unsur yang ada untuk selalu mengoptimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan penyelesaian PR-PR lainnya di Jawa Tengah khususnya kabupaten Klaten.

Usai pemukulan kentongan tanda dibukanya TMMD, Letkol Kav Minarso,S.I.P Komandan Kodim 0723/Klaten berharap dengan adanya kemanunggalan TNI dan Rakyat melalui TMMD ini Desa Pra Sejahtera semakin maju dan mandiri.

“ dengan adanya TMMD seluruh masyarakat dapat memiliki fasilitas Desa yang lengkap, SDM yang unggul dan tidak ada yang terlibat Narkoba serta memiliki kreatifitas inovasi dan juga berkarakter kebangsaan yang kuat, “ harap Dandim Klaten.

Pada pelaksanaan upacara pembukaan TMMD juga di dimeriahkan Tari Gambyong dari SMK Negeri 1 Pedan dan Bazar produk kerajinan dari semua desa yang ada di Pedan serta Bazar murah dari Koperasi Kodim 0723/Klaten dengan menyediakan sembako murah untuk masyarakat Pedan.(0723/red)

Loading

334 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *