YALPK | Semarang – Dalam upaya menjaga abrasi sekaligus menjaga kelestarian ekosistem pantai, siswa Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Wira Jala Yudha X/2019 bekerjasama dengan Lanal Semarang serta Karang Taruna Kelurahan Trimulyo Semarang menggelar kegiatan Bhakti Sosial berupa penanaman 1.500 pohon mangrove di Pantai Trimulyo Kecamatan Genuk Semarang Jawa Tengah, Jumat sore ( 18/10 ).

Kegiatan Bhakti Sosial penanaman pohon mangrove di kota Lumpia Semarang tersebut diawali dengan apel gelar kerja bakti, bertindak sebagai penerima apel Walikota Semarang Hendrar Prihadi sedangkan pengambil apel Mayor Laut (P) Robbit Darius S yang menjabat Pasiops Satgas Wira Jala Yudha X/2019.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Layar Wira Jala Yudha X/2019 Kolonel Laut (P) Mulyan Budiarta, Komandan Satgas dan para perwira yang tergabung Lattek Pelayaran Gabungan, Ketua DPRD Semarang serta Kepala Dinas kebersihan dan pertamanan kota Semarang.

Sebelum pelaksanaan penanaman pohon mangrove, Dirlat Lattek Wira Jala Yudha X/2019 selaku penanggung Jawab Latihan menyampikan bahwa kegiatan bhakti sosial berupa penanaman pohon mangrove tersebut sebagai bentuk pengabdian prajurit Kodiklatal terhadap masyarakat Jawa Tengah pada umumnya dan masyarakat Semarang pada khususnya.

Menurutnya fungsi pohon mangrove sangat besar sekali dalam mencegah dan mengatasi serta melindungi garis pantai wilayah pesisir. Pamen yang menjabat Komandan Pusdiklapa Kodiklatal ini juga menyapaikan bahwa kondisi hutan mangrove di seluruh dunia saat ini sudah mulai kritis yang disebabkan oleh tingginya pencemaran pantai dikarenakan limbah industri, limbah cair seperti diterjen dan tumpahan minyak.

Penyebab kerusakan lainya adalah banyaknya alih fungsi lahan mangrove yang menjadi tambak, pengembangan pabrik dan perumahan penduduk di pesisir pantai. Oleh karena itu kerusakan yang mengakibatkan matinya pohon mangrove harus kita cegah dengan cara menanam kembali pohon pohon didaerah pantai seperti yang dilakukan di Pantai Trimulyo Kecamatan Genuk Semarang Jawa Tengah ini.

Pamen melati tiga dipundak ini berharap dari pelaksanaan kegiatan bhakti sosial berupa penanaman pohon mangrove dan pembersihan di pantai Trimulyo ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan dan memperluas area pohon mangrove diwilayah pesisir untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang hijau dan aman untuk masyarakat wilayah pesisir. ( ir )

Loading

448 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *