YALPK | Trenggalek – Kebakaran hutan Terjadi di wilayah petak 33 b Desa Bendoagung Kec. Kampak trenggalek ,senen 22/10/2019. Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. bersama dengan Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos. memimpin langsung proses penanganan kebakaran.

Kebakaran tersebut terjadi sejak siang hari sekira pukul 11.00 Wib dan sudah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan dari Polsek Kampak, Koramil, Perhutani dan BPBD Kabupaten Trenggalek bersama masyarakat sekitar.

Sejak terjadi kebakaran lahan tersebut petugas gabungan sudah di TKP dan berusaha memadamkan api. Sekira pukul 17.00 Wib Api sempat berhasil dipadamkan. sore hari kembali terlihat titik apik dilokasi yang sama” Ungkap AKBP Jean Calvijn.

Menurut informasi yang masuk, luas hutan pinus yang terbakar mencapai 8 hektar terdiri dari tanaman hutan produktif jenis pinus. Nilai kerugian sampai saat ini masih dalam proses penghitungan petugas dan ditafsirkan mencapai puluhan juta rupiah.

Satu satunya kendala yang dialami adalah situasi malam hari, medan perbukitan yang cukup sulit dijangkau, kondisi angin dan minimnya peralatan.” Imbuhnya .

Penyebab dari kebakaran belum bisa dipastikan. Namun dilihat dari kondisi sekitar memang banyak terdapat rumput ilalang kering ditambah dengan banyaknya material getah pinus mengingat kawasan tersebut masih aktif dilakukan penyadapan.

Petugas yg berada di lokasi tersebut skitar 150 orang dari Polres, Kodim, Perhutani, BPBD dibantu masyarakat sekitar dan masih berupaya maksimal agar kebakaran bisa segera dipadamkan dan tidak merembak ke lokasi lainnya.(mj)

Loading

321 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *