YALPK | Surabaya – Dalam rangka meningkatkan SDM Unggul Universitas Dr Sutomo berkerjasama dengan Polda Jatim menggelar pembekalan dan motivasi kepada mahasiswa tentang Kampus Pelopor Keselamatan ( KAPEKA ) yang digelar di Auditorium Ki Moh Saleh Lt 5 Gd. F Kampus Unitomo Surabaya hari Selasa pagi ( 19/11 ) yang diikuti 400 peserta .

Menurut Suyanto wakil rektor III bidang kemahasiswaan kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa memiliki kesadaran tentang keselamatan berlalu lintas dan mengetahui tata cara berlalu lintas sesuai aturan serta paham tentang Safety Riding.

“Sebagai insan milenial mahasiswa Unitomo harus sadar berkendara karena jalan itu milik publik dan tidak seenaknya berkendara”, ujar doktor ilmu ekonomi ini.

Setelah serangkaian sambutan berlangsung,  pembekalan materi lalu dilanjutkan  oleh Kompol. Dadang Kurnia, SH, M.Hum, Kasi Jemenopsrek Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim. Dan dr. Arie dari Biddokes Polda Jatim.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim Kompol Adhitya Panji Anom “Dengan kegiatan ini dari kami memberikan penerangan minimal kepada dirinya sendiri keluarga ataupun lingkungan sekitarnya dengan harapan kami, kita bisa menciptakan generasi yang santun dalam berkendara yang taat terhadap aturan lalu lintas yang disiplin dalam mentaati peraturan lalulintas,” tuturnya.

Pelanggaran terbesar itu ada di generasi milenial dan usia produktif itu termasuk jumlah korban kecelakan paling tinggi juga generasi melenial. Makanya kalau ada kegiatan ini harapan kami juga bisa menyadarkan generasi milenial “Jadi dipundak mereka lah masa depan bangsa ini jangan sampai banyak korban berjatuhan gara-gara kecelakaan yang menimbulkan kemiskinan karena setiap anak itu merupakan aset di masa depan bagi keluarganya,” tambahnya.

foto : Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim Kompol Adhitya Panji Anom saat wawancara

Dalam menyambut Natal dan Tahun Baru kemarin kita sudah melaksanakan Operasi Zebra itu presentase penindakkannya 80% , penindakan 20%nya adalah penyuluhan edukasi jadi 80% itu dengan harapan nanti terbentuk masyarakat efek jerah yang melanggar tidak melakukan pelanggaran serupa lagi, nanti untuk mendekati natal n tahun baru ada operasi lagi, jelasnya.

“Daerah rawan lakalantas disemua kabupaten kota ada memiliki blogspot masing-masing dan itu berdasarkan dari data yang ada di kami via SMS di situ setiap ada Black Spot tempat kejadian kecelakaan yang berulang kali dititik yang sama kita melakukan terapi blogspot bagaimana caranya agar orang tidak terjadi ditempat yang sama,” tutupnya. ( ir )

Loading

301 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *