Lpk | Trenggalek  – Untuk memastikan ruang tahanan di mapolres dalam keadaan aman, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. melakukan pengecekan di ruang tahanan Mapolres trenggalek (9/12/2019) kegiatan ini dilakukan guna melihat sejauh mana kesigapan dan kewaspadaan petugas dalam menjalankan tugas sesuai SOP yang berlaku.

Didampingi oleh Wakapolres  Kompol Wiji Rahayu, Kasipropam Iptu Kasmari dan Kasattahti Ipda Munif, kapolres trenggalek memeriksa satu persatu ruang penjagaan dan tahanan. Menurut AKBP Jean Calvijn banyak peristiwa tahanan melarikan diri yang berawal dari kelengahan petugas yang kemudian dimanfaatkan oleh para tahanan untuk mengelabui dan kabur dari ruang tahanan.

“Meskipun berstatus tahanan, tetapi harus diperlakukan secara humanis dan juga mengingatkan para tahanan untuk berperilaku baik selama menjalani masa tahanan dan tidak mengulangi perbuatannya sesuai koridor HAM” Ujar AKBP Jean Calvijn

Kapolres juga mengecek ruang jaga tahanan serta fasilitas yang menyertainya. Pengecekan tahanan dimulai dari kondisi fisik tahanan, barang bawaan yang digunakan serta keamanan di setiap ruang tahanan yang ditempati sebagai bentuk antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan tak segan pula AKBP jean Calvijn simanjuntak meminta agar seluruh barang yang dinilai dapat membahayakan untuk sesegera mungkin dikeluarkan dari dalam ruang tahanan.

Selain itu, AKBP Jean Calvijn juga memeriksa kelengkapan administrasi penyidikan terkait masa tahanan, CCTV pengawas hingga soal kebersihan. Pihaknya meminta agar setiap petugas jaga benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga meminta agar para tahanan untuk memperbanyak ibadah dan menyesali atas perbuatan yang sudah dilakukannya dan menjadi manusia yang lebih baik lagi.

“Setiap harinya ada 3 personel jaga yang mengawasi tahanan. Satu dari Sattahti terkait dengan administrasi dan 2 orang dari Satsabhara” pungkasnya

Dari hasil pengecekan, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan bahwa semua dalam kondisi lengkap. Demikian juga dengan 9 tahanan yang berada di Mapolres dalam keadaan sehat. (awr)

Loading

314 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *