Lpk | Trenggalek – Meningkatkan kesiapsiagaan dan antisipasi penyebaran penyakit pneumonia yang disebabkan oleh Novel Corona Virus yang berasal dari wuhan, china, polres trenggalek berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengadakan kegiatan sosialisasi pola hidup sehat, upaya promotif serta preventif terhadap virus corona.

Kegiatan sosialisasi ini diadakan pada hari rabu, (05/02/20) yang bertempat di Rupatama Mapolres dengan menghadirkan salah satu dokter senior di trenggalek yakni Dr.TH.M. Liliek rahayu dan Indah wahyuningsih S.K.M sebagai narasumber utama dan di ikuti oleh ratusan personel baik dari polres ataupun jajaran polsek.

Merebaknya virus corona diberbagai belahan dunia sempat membuat resah dan kekhawatiran masyarakat. Apalagi ditambah dengan banyaknya berita hoax yang muncul di jejaring media sosial.

Meski di Indonesia khususnya di lingkungan kepolisian belum ditemukan yang terjangkit gejala Virus Corona, peringatan terhadap penyebaran virus yang saat ini tengah mewabah, harus tetap menjadi perhatian khususnya bagi anggota jajaran kepolisian dengan mengetahui dan paham tentang gejala virus, bagaimana pencegahan, penyebaran dan penanganan terhadap gejala Virus Corona.

Seseorang dapat terinfeksi gejala Virus Corona melalui berbagai cara yaitu tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk si penderita virus corona. Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang terkena air liur penderita. Kontak jarak dekat dengan penderita seperti bersentuhan atau berjabat tangan.

Gejala virus corona dapat menginfeksi siapa saja tetapi lebih beresiko menyerang orang tua serta orang yang sedang sakit atau memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol Suprapto, S.H. Menuturkan, “sosialisasi yang dimotori oleh Urkes tersebut dimaksudkan agar seluruh personel Polri khususnya jajaran Polres Trenggalek bisa menerapkan pola hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit”.

“Ada beberapa materi yang disampaikan seperti Pengetahuan Pola Hidup Sehat, Manajemen Stress, Gizi yang seimbang dan Upaya Promotif Preventif terhadap Virus Corona hingga soal kepesertaan anggota BPJS.” Ujar Kompol Suprapto.

Terkait dengan Virus Corona, Kompol Suprapto Menegaskan, “Di era digital seperti sekarang ini sangatlah mudah untuk mencari referensi baik melalui media cetak maupun media sosial. Sayangnya, tak sedikit pula informasi yang didapat justru merupakan berita hoax yang tidak jelas kebenarannya”.

Pihaknya berharap dengan sosialisasi ini, jajaran Kepolisian khususnya Polres Trenggalek dapat menerapkan pola hidup sehat dan memiliki wawasan lebih luas terkait virus corona yang tentunya dapat diteruskan kepada keluarga dan masyarakat, Pungkasnya. (awr)

Loading

409 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *