Lpk | Barabai Kalsel – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 tahun 2020 Kodim 1002/Barabai tidak hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat fisik, melainkan ada kegiatan non fisik yaitu dengan berbagai penyuluhan kepada warga masyarakat yang ada di lokasi TMMD dari segala lapisan.

Kali ini sebanyak 25 orang siswa SMK Al Hidayah Haruyan menerima pembekalan wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Danramil 1002-07/Pagat Kapten Inf Andi Tiro, Rabu (18/3/2020).

Disampaikan oleh Kapten Inf Andi Tiro bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara mempunyai nilai yang terkandung didalamnya antara lain Pancasila sebagai Dasar Falsafah dan filsafat negara, dasar negara ada didalamnya dan mempunyai pokok kaidah negara yang fundamental.

Pancasila sebagai ideologi nasional dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi kejuangan sesuai dengan perkembangan jaman, pancasila juga dapat menjawab tantangan dari perkembangan dunia yang dinamik, dan

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mempunyai ajaran untuk mengenali latar belakang dan arah tujuan serta cita-cita bangsa, Dapat membentuk jati diri dan siap menghadapi segala tantangan,”terangnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Andi Tiro Rudi menghimbau kepada siswa SMK Al Hidayah sebagai penerus bangsa ini untuk tidak terjerumus dalam hal-hal yang bersifat negatif, seperti pergaulan/sek bebas, penyalahgunaan narkoba. Itu semua adalah budaya asing yang sangat tidak sesuai dengan adat istiadat kita sebagai warga negara Indonesia.

Andi Tiro juga berharap dengan adanya penyuluhan wawasan kebangsaan ini para pemuda mempunyai sikap cinta tanah air, sadar akan berbangsa dan bernegara, yakin bahwa pancasila sebagai ideologi negara, mempunyai rasa rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara,”tegas Danramil (Pendim1002/ir).

Loading

276 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *