Lpk | Sampang – Ratusan warga beragam cara dilakukan warga sebagai ikhtiar menangkal penyebaran virus Corona atau Covid-19. Di Tambelangan , Jawa Timur, selasa malam, 1/4/2020, Ratusan warga satu kampung berkumpul dan menggelar doa bersama sambil membaca Qasidah Burdah berjalan keliling kampung.

Pria dan perempuan warga dejeen temor, Kecamatan Tambelangan ini, berjalan kaki berkeliling kampung mereka sembari membaca Qasidah Burdah yang merupakan syair tentang pujian atau shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Membaca Burdah ini sebagai upaya warga di sini untuk membentengi lingkungan agar senantiasa diberi keselamatan. Termasuk dari ancaman wabah virus corona yang saat ini mewabah,” ujar M hafid , salah seorang tokoh masyarakat setempat.

Ia mengatakan, membaca Burdah sambil berkeliling ini merupakan tradisi sejak lama dilakukan di berbagai pondok pesantren, termasuk di musholla dejeen temor.

Karena itu, lanjut dia, pihaknya bersama warga memilih melakukan tradisi tersebut di lingkungannya guna memohon keselamatan dari COVID-19.

“Burdah biasa dibaca dan dilakukakan di musholla dejeen temor, salah satunya untuk permohonan keselamatan. Maka dari itu, ke depan kegiatan ini akan kami lakukan secara rutin,” kata alumni mushola dejeen temor Tambelangan itu.

Selain berkeliling membaca Burdah, kata M hafid, ia juga meminta agar warga tidak panik dan mengikuti petunjuk pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona, baik dengan menjaga kebersihan lingkungan, rutin cuci tangan, menghindari kerumunan dan upaya pencegahan lainnya.

“Doa bersama ini merupakan salah satu ikhtiar kami agar terhindar dari COVID-19, selain mengikuti anjuran pemerintah. Mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan dan keselamatan,” tuturnya.

Doa bersama membaca Burdah sambil keliling kampung ini juga diikuti santri setempat, dengan membawa obor berbahan bambu.

Saya sangat mengapresiasi atas langkah langkah ini. semoga dengan dilakukanya burdah ini warga desa Tambelangan dapat tethindar dari berbagi macam bala’khususnya wabah virus corona.mari bersama sama kita doakan agar Negeri yang kita cinta ini capat terlepas dari musibah yang sedang membawa ini,”tuturnya(al)

Loading

278 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *