Lpk | Sampang – Satuan Tugas (Satgas) covid-19 Kecamatan Tambelangan, Sampang, Madura blusukan ke 73 masjid dan pesantren.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi dini atas meluasnya penyebaran virus corona atau covid-19.

Ketua satgas covid-19 Kecamatan Tambelangan, H. Romze di Sampang, Rabu (1/4/2020) menuturkan, hingga saat ini belum ditemukan adanya warga Kecamatan Tambelangan yang positif tertular virus corona, meski begitu tercatat 109 orang dalam resiko (ODR) dan 10 orang dalam pemantauan (ODP).

“Kita gerak cepat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di masijd – masjid dan pesantren. Sementara ini sudah tercatat 73 masjid yang kita lakukan penyemprotan disinfektan,” ujarnya.

Menurut H. Romze, dipilihnya masjid dan pesantren sebagai lokasi penyemprotan disinfektan karena kedua tempat dimaksud tercatat sebagai tempat keramaian dan titik kumpul masyarakat.

“Nanti setelah semua masjid dan pesantren tuntas dilakukan penyemprotan, baru kita pindah ke rumah rumah penduduk,” timpalnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, lanjut kepala Puskesmas Tambelangan itu, dengan dibantu TNI – Polri pihaknya juga melakukan sosialisasi secara massif terhadap masyarakat.

Upaya yang dilakukan, katanya, dengan cara sambang desa, dengan begitu masyarakat juga berperan aktif dalam upaya pencegahan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ia mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan mematuhi seluruh anjuran yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Kita semua harus tetap waspada, jangan sampai virus ini masuk ke daerah kita. Ikuti semua anjuran – anjuran yang dikeluarkan oleh pemerintah,” pungkasnya.(al)

Loading

401 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *