Lpk | Surabaya – Tim khusus dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur (Jatim) membagikan masker, hand sanitizer dan vitamin kepada pedagang pasar yang ada di Keputran Surabaya.

Atas kegiatan ini, warga pasar sangat gembira dan menerima dengan penuh sukacita terhadap kepedulian pemerintah Jatim ini.

Pantauan Media di lokasi Pasar Keputran, Surabaya, Jumat (17/4/2020), Mbah Jumilah salah satu pedagang Pasar Keputran baru pertama kali ini mendapatkan bantuan berupa masker.

“Ini yang kami tunggu-tunggu, sebab baru kali ini ada pembagian masker dan hand sanitizer di Pasar Keputran”, ucap Jumilah.

Ia juga mengatakan kalau baru kali pertama pasar tersebut mendapatkan bantuan yang berupa masker. Karena selama ini kawasan pasar tersebut hanya dilakukan penyemprotan disinfektan, dan sebagai bentuk pencegahan.

“Kalau disemprot disinfektan sudah rutin, tapi kalau pembagian masker baru kali ini saya dapat”, ujarnya.

Pedagang lainya, seperti pedagang sayur juga menyebutkan bahwa merekapun senang karena adanya bantuan tersebut.

“Ya seharusnya harus begini, kita orang di pasar, lebih diperhatikan. Tadi juga diberi edukasi karena wabah Corona ini. Sejak wabah ini, omzet turun 50 persen”, kata Yanto.

Kadisperindag Jatim Drajat Irawan mengatakan pihaknya mendapat instruksi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk implementasi protokol kesehatan antisipasi Covid-19 di pasar-pasar rakyat termasuk Pasar Tradisional Keputran Surabaya.

“Pertama, yang dilihat adalah apakah pedagangnya sudah pakai masker. Yang kedua, apakah pembelinya juga pakai masker, dan yang ketiga, apakah ada di dalam pasar ini terutama di pintu-pintu masuk ini disediakan tempat cuci tangan”, ucap Drajat.

Drajat menjelaskan hal yang tak kalah penting ialah ketersediaan pos kesehatan untuk antisipasi kalau ada pedagang atau pembeli yang sakit, serta penyemprotan disinfektan minimal dua kali dalam seminggu.

“Ternyata fakta di lapangan, belum banyak yang pakai masker sehingga Ibu Gubernur sengaja ingin memberikan masker kepada pedagang dan pembeli di Pasar Keputran dengan harapan semoga mereka dengan menggunakan alat ini bisa mencegah penularan virus Corona karena memang virus ini di antara penyebarannya ketika kemudian social distancingnya kurang dari 1 meter”, jelasnya.

Ia berharap adanya pasar tradisional online di Keputran. Apalagi di Surabaya sudah ada beberapa pasar yang menjual barang dagangan secara online.

“Para pedagang ini menyetorkan data-datanya kemudian kita bantu lewat online pemasarannya. Makin banyak online sistem yang dibuat ini akan semakin bagus. Sebab selama ini baru ada 1.370 pedagang yang mendaftarkan komoditinya lewat pasar pasar online itu bisa lihat WA grup dan lainnya, sehingga masih banyak yang belum diakomodir”,tandasnya.(ir).

Loading

285 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *