Lpk | Sidoarjo – Para pemuda Desa Gang Gang panjang, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo memainkan musik patrol dan Anak-anak Desa Gang Gang Gang, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo memainkan musik patrol dan Musik patrol memang tidak bisa dipisahkan dari bulan suci Ramadhan. Musik untuk membangunkan warga untuk laksanakan sahur ini, biasa dimainkan anak-anak para pemuda menjelang imsak sambil keliling kampung.

Alat musik yang digunakan biasanya apa adanya. Ada galon, jeriken, potongan besi, kentongan bambu, bedug, dan lainnya. Tambuhan alat-alat sederhana itu, membentuk musik bermacam-macam.

Seperti yang dilakukan oleh anak-anak di Desa Gang Gang panjang, Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo, pada Kamis (14/5/2020) dini hari. Dengan membentuk kelompok, mereka menabuh alat musiknya dengan kompak, sambil berteriak “Sahur-sahur!”

Mereka masuk ke gang-gang kecil, atau permukiman warga, sambil membuat alunan musik yang enak untuk didengarkan.

Yayan, pemain musik patrol mengatakan, jika kebiasaan ini dilakukannya rutin setiap datangnya bulan suci Ramadhan. Alat-alat musik yang digunakan didapat dengan memanfaatkan beberapa barang bekas yang ada di sekitar rumahnya,”Yayan.

Dan Bang Jun (Bang Edi) menyampaikan Tujuannya Patrol ini hanya satu untuk membangunkan tetangga supaya tidak terlambat bangun. Sebab biasanya mereka masih harus memasak untuk menu sahur bersama keluarga,” katanya.

Menurut Bang jun, memainkan alat musik patrol ini dilakukannya secara berkelompok sambil menunggu waktu sahur. “Biasanya kami keliling mulai pukul 02.00 hingga 03.00. Setelah puas berkeliling kampung kami pulang untuk makan sahur bersama keluarga,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Zainul dari Ketua PAC PDI perjuangan Kecamatan tanggulangin kabupaten Sidoarjo

Pas pada waktu berada di POSKO GORONG GORONG
Tangap Darurat Covid19 di wilayah Kecamatan Tanggulangin Zainul Arifin Mengatakan musik patrol ini untuk pembangun sahur ini dilakukan dengan senang hati. Sebab dengan musik patrol ini dia bisa berkumpul dengan teman-temannya yang lain.

“Senang sekali rasanya bisa membangunkan tetangga untuk makan sahur. Makanya kalau pas tidak ikut seperti tidak enak saja. Namanya juga kebersamaan ,gotong royong dengan teman-teman. Modalnya hanya ikhlas beribadah di bulan Ramadhan,” ujar Zainul Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo (zy/hrs).

Loading

378 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *