Lpk | Jombang – Mutasi perangkat desa adalah perpindahan posisi jabatan perangkat desa yang dilakukan oleh kepala desa sebagai upaya penyegaran dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayananan di Desa.

Mutasi perangkat desa juga dilakukan dalam rangka penyesuaian struktur baru organisasi pemerintahan desa yang diatur oleh pemerintah Peraturan Desa.
Pergantian jabatan atau mutasi perangkat desa merupakan dinamika dalam sebuah organisasi sebagai bagian dari wujud pengembangan organisasi dan peningkatan kinerja dan penyegaran jabatan.

Begitu juga dalam organisasi pemerintahan desa, mutasi perangkat desa atau pergantian jabatan adalah hal yang wajar dan merupakan bahagian dari dinamika organisasi dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa.

Pemberhentian Perangkat Desa Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa oleh kepala desa tentu harus sesuai dengan ketentuan dan hukum berlaku. Peraturan Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.
Berdasarkan Permendagri No 67 Tahun 2017 ini dijelaskan perangkat desa diberhentikan karena tiga sebab. Pertama meninggal dunia, kedua atas permintaan sendiri, dan ketiga karena diberhentikan.

Pelantikan Perangkat yang di lakukan oleh Pemerintah Desa Turi Pinggir merupakan mutasi jabatan dari Kasi Kesra menjadi Sekretaris Desa.

Kades Turi Pinggir Gunasir Wibowo mengatakan, tujuan pelantikan tersebut adalah mutasi atau pergeseran jabatan untuk mengisi kekosongan sejak bulan Desember dikarenakan Sekdes yang lama meninggal dunia. Pengisian ini sangat penting, mengingat kebutuhan Sekdes sangat dibutuhkan dalam menangani pemerintahan desa.

“Sdr Muhamad Irfan Alkholis menduduki jabatan baru yakni Sekretaris Desa yang semula sebagai Kasi Kesra. Sehingga dengan adanya Sekretaris Desa sangat di butuhkan untuk membantu Kades dalam menangani pemerintahan desa” kata. Gunasir saat memberi keterangan kepada awak media Lpk, Jum’at (15/01/2021).(Ynt/red).

Loading

268 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *