Lpk | Tulungagung – Dalam rangka Kunjungan dan pemantapan Kampung Tangguh Tiga Pilar Kabupaten Tulungagung melaksanakan Kunjungan di Desa Kauman Kecamatan Kauman Kabupaten Tulung agung ,Rabu (19/02/2021).Hadir dalam kunjungan tersebut , Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo, Kapolres AKBP Handono Subiakto SH SIK MH dan Komandan Kodim 0807 Letkol Inf Mulyo Junaidi seluruh perangkat desa Kauman.

Dalam kunjungan kampung Tangguh tersebut , Tiga Pilar Kabupaten Tulungagung melakukan pengecekan semua kelengkapan fasilitas yang ada di kampung tangguh Desa Kauman, diantaranya , posko penanganan Covid-19, posko Kesehatan , ruang isolasi, tempat pemulasaraan Jenazah Covid -19, dapur umum, lumbung pangan dan kelengkapan lainnya.

Adapun kunjungan kampung tangguh tersebut bertujuan untuk meninjau kesiapan dan persiapan dalam melaksanakan Intruksi Mendagri No 3 tahun 2021 yang mana setiap Desa harus ada posko penanganan covid-19 serta tentang diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berbasis Mikro.

Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo dalam kunjungannya menyampaikan , kampung tangguh sekarang ini mulai diintensifkan kembali dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada. seperti , tokoh agama tokoh masyarakat tokoh pemuda perangkat desa BPD di bawah pimpinan satuan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kecamatan,” ungkap Bupati Tulungagung.

Lanjut Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. di Desa ada perangkat, ada Bhabinkamtibmas, Babinsa, Bidan Desa, perawat Desa yang bisa mendampingi relawan Desa atau pendamping-pendamping desa, tuturnya.

Bupati Maryoto Birowo juga meminta menginstruksikan kepada seluruh desa dan kelurahan se kabupaten Tulungagung agar siap untuk membentuk kampung tangguh. sebanyak 271 Desa 14 Kelurahan di kabupaten Tulungagung harus siap untuk (membentuk ) kampung Tangguh.di kesempatan tersebut Bupati Tulungagung Juga menghimbau agar anak anak ..SMP. SMA. jangan tergesa gesa untuk masuk sekolah ,pembelajaran dari pusat masih di teruskan dengan sistim daring .tandasnya.

Kapolres Tulungagung AKBP, HANDONO SUBIAKTO dalam kunjungan kampung tangguh di Desa Kauman tersebut. mengapresiasi seluruh Desa wilayah kecamatan Kauman yang sudah terbentuk.

“kami menyatakan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, setelah mendapat laporan dari Kapolsek bahwa 13 desa se wilayah kecamatan Kauman semuanya sudah terbentuk kampung tangguh,” ungkapnya.

Lanjut AKBP , HANDONO SUBIAKTO berharap dengan semua yang sudah dilihat seperti kelengkapan fasilitas kampung tangguh desa Kauman bisa dilaksanakan di desa-desa lain di wilayah kecamatan Kauman .Masih Kapolres, sesuai instruksi Mendagri no 3/2021 itu setiap Desa harus ada posko penanganan Covid-19. Dalam instruksi tersebut bahwa sekarang ini dalam penanganan covid 19 ini adalah dengan diberlakukan PPKM dengan berbasis Mikro.

Posko di desa bisa menjadi sarana evaluasi guna pendataan terkomkofirmasi Covid 19. juga Mengoptimalkan 3T. Testing (pemeriksaan ) tracing (pelacakan ) Treatmen (pengobatan ).

Sehingga nanti kami harapkan posko yang ada di tingkat Desa ini bisa benar-benar menjadi sarana evaluasi,” pungkasnya.

Hadir juga dalam giat kunjungan Kampung Tangguh Desa Kauman tersebut . Kepala Dinas Kesehatan dr Kasil Rokhmad, Camat Kauman, Kapolsek Kalangbret, Danramil, Kauman, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan lainnya .(Mujiono)

Loading

282 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *