Lpk | Konsel – Wilayah Hukum Polres Konawe Selatan (Konsel) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) kini memiliki 5 (lima) Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) baru type D/Prarural, yang sebelumnya berstatus Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor). Total telah terbentuk 18 Kantor Polsek se-Konsel.

Kelima Polsek yang baru terbentuk, yakni Polsek Baito, Mowila, Buke, Benua dan Polsek Watumeeto, “Ungkap Humas Kominfo Pemda Konsel.

Peningkatan status lima Polsubsektor jadi Polsek tersebut ditandai dengan diresmikan pengoperasiannya secara simbolis di Polsek Buke oleh Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Irjen Pol Drs Yan Sultra I.,SH di dampingi Penjabat (Pj) Bupati Konsel Dra Hj Andi Tenri Rawe Silondae MM dan Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo SIK. Kamis (25/3/2021).

Kegiatan peresmian dihadiri jajaran Polres Konsel, unsur Forkopimda, Camat dan para Kepala Desa, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. Dikesempatan itu Pj Bupati dipercayakan melakukan pengguntingan pita.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Andi Tenri Rawe Silondae mengapresiasi atas terbentuk dan dikukuhkannya kelima Polsek baru tersebut. Kata dia bentuk cerminan kedekatan antara aparat kepolisian dengan masyarakat, khususnya dalam menjaga ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat, “Ujarnya.

“Atas nama Pemda kami ucapkan terima kasih dan apresiasi atas pendirian kantor Polsek baru, tentu sangat bermanfaat demi terciptanya situasi kantibmas yang damai dan kondusif, “Ucapnya.

Menurutnya Kantor Polsek penting di didirikan mengingat Konsel memiliki wilayah terluas dengan jumlah penduduk cukup besar yang tersebar pada 25 Kecamatan, 15 Kelurahan dan 336 Desa. Sehingga dirinya berharap kehadiran kepolisian dapat mencegah terjadinya gangguan kantibmas.

“Ini juga sebagai upaya meningkatkan kemitraan Polri dengan masyarakat untuk menjaga dan memelihara ketertiban. Salah satunya terbangunnya silahturahmi antar personel dengan seluruh elemen masyarakat,” pungkas Andi Tenri.

Sementara itu, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Pj Bupati bersama jajaran Pemerintah Daerah Konawe Selatan.

“Terima kasih atas dukungannya, semoga dengan naiknya type Polsek ini dapat meningkatkan semangat untuk memberikan pengabdian dan pelayanan ke masyarakat,” imbuhnya.

Ini juga sebagai komitmen polda Sultra, sambungnya, dan perpanjangan kewenangan kepolisian diwilayah kecamatan dalam upaya memudahkan masyarakat dalam urusan pelayanan kepolisian yang semakin dekat dan semakin baik.

“Semoga dengan peresmian dan dikukuhkannya lima polsek ini, pelayanan semakin baik dan personel dapat lebih termotivasi jalankan peran dan fungsinya sebagai alat negara dan pemelihara kantibmas,” tandas Kapolda Sultra.

Persetujuan pembentukan 5 Polsek baru ini berdasarkan tindak lanjut Surat Kapolri Nomor B/278/II/OTL.1.1.1/2021 tanggal 24 Februari 2021 dan Keputusan Kapolda Sultra pertanggal 8 Maret 2021 Nomor : Kep/96/III/2021 (Baito), Kep/97/III/2021 (Benua), Kep/98/III/2021 (Buke), Kep/99/III/2021 (Mowila), Kep/100/III/2021 (Polsek Watumeeto)

Reporter : Sultan

Loading

312 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *