Lpk | Trenggalek – Mengingat waktu pelaksanaan pilkades serentak tahap ke-2 semakin dekat dan tinggal menyisakan waktu 2 hari sebagai hari tenang, Forkopimda kabupaten Trenggalek menggelar deklarasi jalannya pilkades serentak yang bertempat di Gedung Mapolres Trenggalek. Kegiatan kali ini guna mendorong terciptanya situasi yang kondusif serta aman, tertib dan damai. Kamis, (1/4).

Ada 6 poin kesepakatan yang disepakati oleh seluruh calon kepala desa, harapannya dengan kesepakatan ini semua tahapan dapat berjalan dengan tertib dan aman. Dalam deklarasi tersebut sekitar 40 calon kepala desa bersepakat untuk mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan pilkades secara damai.

Kemudian siap mematuhi dan melaksanakan segala ketentuan peraturan perundangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas. Bertekat menciptakan situasi yang kondusif, berkomitmen tidak melakukan pelanggaran disetiap tahapan serta berkomitmen melaksanakan protokol kesehatan.

Yang terberat adalah pernyataan siap menang dan siap kalah, seperti yang disampaikan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring. Menurutnya, deklarasi siap menang gampang namun untuk siap kalah cukup sulit. “Ini yang biasanya sulit dilakukan, para calon harus siap berkomitmen begitu juga siap bila kalah,” Ungkap Kapolres.

Selain itu, AKBP Doni juga menegaskan, “kata aman dan damai juga gampang diucapkan namun sulit dilaksanakan tanpa adanya sinergitas yang baik.” Imbuhnya

Aman dan damai menurutnya dibutuhkan sinergitas TNI-Polri, Pemerintah serta masyarakat. Kapolres Trenggalek juga mengingatkan tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak terjadi kluster pilkades di Trenggalek.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Trenggalek, Syah M. Natanegara mengapresiasi jalannya deklarasi yang aman dan damai tersebut. Menurutnya deklarasi damai ini merupakan poin penting dalam tahapan pilkades.

“Semua tahapan telah dilampaui dengan baik dan untuk saat ini sudah memasuki masa tenang. Persiapan sudah matang, semoga pilkades ini bisa berjalan lancar,” Ucap Wabup muda ini.

Ada beberapa pesan yang disampaikan oleh wakil bupati muda ini kepada para calon kepala desa maupun semua lapisan elemen masyarakat yang ada. Pesan pertama, junjung sportifitas dan hindari kecurangan. Terus jaga netralitas ASN, TNI, Polri. Patuhi regulasi dan jaga keamanan sebelum, saat dan setelah pilkades.

Wabup Trenggalek berharap dengan semua itu, jalannya pilkades nantinya dapat berjalan kondusif dan dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas sesuai apa yang diharapkan masyarakat, Pungkasnya.

Reporter : Anwar

Loading

259 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *