Foto :Launching Kampung Harmoni Bersinar di Dusun Ampo Kecamatan Sukorambi, Jember

Lpk | Jember – Launching Kampung Harmoni Bersinar Binaan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jember di halaman Masjid Al- Mubarok Dusun Ampo Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi, Jember, Senin (5/4).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Agama Islam dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jember (Kemenag), Muhammad Muslim, mengatakan di kantornya ada program KUA (Kantor Urusan Agama) Model Jember.

Muslim menjelaskan, “Dari tiga puluh satu KUA sudah ada dua belas yang memiliki kampung binaan”. Setiap kampung berbeda satu dengan lainnya. Di Dusun Ampo ini disebut Kampung Harmoni Bersinar yaitu menyelaraskan potensi agar lebih bermanfaat (bersinar) bagi masyarakat luas.

Muslim merinci kampung binaan Kemenag Jember ada, Kampung Zakat, Kampung Tilawah, Kampung Sakinah, ada Kampung Madani. “Besok tanggal delapan akan diresmikan juga kampung zakat ketiga di Desa Jelbuk, dan besoknya tanggal sembilan launching Kampung Muamalah di Desa Mumbusari,” ungkapnya.

Foto: Muspika Kecamatan Sukorambi bersama Kasi Penyelenggaraan Agama Islam dari Kemenag Jember dan Takmir Al Mubarok

Kemenag Jember menargetkan pada tahun ini juga setiap KUA di tiap kecamatan memiliki minimal satu kampung binaan unggulan. “Terutama pembinaan keagamaan selain pengembangan ekonomi,” katanya.

Para penyuluh (agama) di lapangan akan menjadi ujung tombak program Kampung binaan Kemenag Jember. “Tidak boleh ada masuk aliran radikalisme tetapi kita mengkampayekan Islam yang Rahmatan Lil Alamin,” pungkas Muslim.

Sementara itu Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukorambi, Mulyadi, M.Ag, pertama terimakasih kepada semua pihak yang mendukung acara launching Kampung Harmonis Bersinar di Dusun Ampo.

“Untuk mendukung Kampung Harmoni Bersinar kami akan membentuk Laskar Romadhon,” kata Ketua FKPAI (Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam) Kabupaten Jember itu.

Di bagian lain, Camat Sukorambi, Bambang Rudiyanto, S.Sos, mengapresiasi kehadiran program Kampung Harmoni Bersinar di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi.

“Semua pihak bersinergi dalam mempercepat pembangunan masyarakat,” kaya Rudiyanto. Sebab baginya tanggung jawab besar itu tidak hanya di pundak Pemerintah saja tetapi semua pihak termasuk Kemenag.

Reporter : Sigit

Loading

419 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *