Foto : Bupati Jember didampingi Sekdakab dan Plt Kadispemades

Lpk | Jember – Bupati Jember, Hendy Siswanto, menginstruksikan kepada para Kepala Desa untuk mengalokasikan dana PPKM Mikro bagi kegiatan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021.

Hal ini terungkap saat rapat konsolidasi Penyelenggaraan Pemdes dan Pemerintahan Kelurahan bersama Bupati Jember di Aula PB Sudirman, Gedung Pemkab Jember, Kamis (8/4).

Hendy menyampaikan alasannya, “PPKM Mikro itu (dananya) dari pusat untuk penanganan covid-19 di desa”.

Lebih jauh ia menjelaskan, Pilkades perlu sarana pencegahan covid-19 seperti pengadaan alat cuci tangan, masker, thermo gun, hand sanitizer dan lainnya.

Menurut Bupati, Pilkades di Jember akan diselenggarakan Bulan Agustus 2021. Pemerintah akan membantu pelaksanaannya sehingga tidak membebani calon yang akan berkontestasi. Bila sampai pelaksanaannya (Bulan Agustus) pandemi covid-19 sudah berakhir maka dana PPKM tidak untuk Pilkades, kata Bupati pilihan rakyat Jember itu.

Foto : Bupati Jember, Hendy Siswanto bersama Kades Sidomukti Sunardi Hadi (tengah)

Dalam catatan redaksi, PPKM Mikro diatur dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 04 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019. Disebutkan, Posko tingkat Desa dan Kelurahan sebagaimana dimaksud adalah lokasi atau tempat yang menjadi Posko penanganan COVID-19 di tingkat Desa dan Kelurahan yang memiliki empat fungsi, yaitu a. pencegahan; b. penanganan; c. pembinaan; dan d. pendukung pelaksanaan penanganan COVID-19 di tingkat Desa dan Kelurahan, bunyi diktum kelima Inmendagri.

Di bagian lain di Desa Sidomukti Kecamatan Mayang lewat Kepala Desanya, Sunardi Hadi, mengatakan, dana PPKM Mikro sudah cair. “Laporan dari bendahara kami, dana PPKM Mikro untuk desa Sidomukti sudah cair tanggal 28 Maret sebesar 3%-nya yaitu sebesar 30 jutaan” katanya.

Total dana PPKM Mikro di Desa Sidomukti hampir sebesar 109 juta (8% dari Dana Desa).

Hadi menjelaskan lagi, di Sidomukti sudah melaksanakan Pilkades sehingga dana PPKM Mikro akan dialokasikan sepenuhnya untuk penanganan covid-19 diluar Pilkades.

Di Kecamatan Mayang ada 6 desa dimana 5 desa akan melaksanakan Pilkades serentak sesuai jadwal dari Pemda. Kelima desa tersebut, Tegalrejo, Mayang, Seputih, Mrawan, dan Sumber Kejayan.

Reporter : Sigit

Loading

363 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *