Lpk | Sultra – Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Rasyid S.Sos M.Si meminta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah.

Menurutnya PAD merupakan salah satu pilar kemandirian suatu daerah, dan arteri penting dalam menyokong pembangunan pada semua asfek.

Dengan memaksimalkan penerimaan PAD, kata Rasyid, maka secara otomotis berdampak terhadap peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Konawe Selatan itu sendiri.

Disampaikannya saat memimpin rapat evaluasi di lantai dua ruang rapat Kantor Bupati, Senin (24/5/2021). Kegiatan di hadiri Sekretaris Kabupaten Ir H Sjarif Sajang, Asisten, Staf Ahli dan para pimpinan OPD.

Kenaikan PAD tersebut, imbuhnya, akan digenjot melalui proses ekstensifikasi dan intensifikasi.

“Optimalisasi PAD secara ekstensifikasi dengan peningkatan perolehan pajak dan retribusi. Untuk intensifikasi melalui pemberdayaan seluruh penarik pajak, termasuk pemberian target persentase penerimaan pada OPD, Camat dan Lurah,” terang mantan anggota DPRD Konsel dua periode ini.

Kata Ia, capaian PAD juga dapat dipandang sebagai salah satu indikator keberhasilan dan evaluasi kinerja para pimpinan OPD.

Olehnya itu, mantan anggota legislatif Provinsi ini juga berharap agar pimpinan OPD bersama jajaran memaksimalkannya dengan menggali potensi pajak dan retribusi, baik yang telah ada maupun sumber baru.

“Semua pimpinan OPD terkait, Camat, Lurah wajib capai target penerimaan PAD, data ulang dan maksimalkan seluruh sumber potensi diwilayah kerja masing-masing. Ini juga untuk mengukur kepatuhan hukum wajib pajak yang bermanfaat demi kemakmuran masyarakat dan keberhasilan program pembangunan daerah kita,”pungkasnya.

Reporter : Dedi Wardani

Loading

324 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *