Lpk | Kediri – Setelah berjuang selama bertahun-tahun, Anang Soetomo tampaknya bakal segera mendapatkan kepastian terkait status genitalnya sebagai laki-laki. Sebab, warga Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri itu hari ini menjalani sidang perdana permohonan ganti status jenis kelamin, Rabu (16/6/21).

Sebelumnya, Anang bernama Ani Kasanah dengan status perempuan. Permohonan perubahan status jenis kelamin ini bukan tanpa sebab. Ani yang telah berusia 21 tahun mengalami ketidak sempurnaan alat genitalnya. Dirinya telah menjalani serangkaian operasi penyempurnaan alat genital menjadi laki-laki.

Danang Prabandaru, selaku kuasa hukumnya mengatakan, saat dilahirkan, Ani memiliki penis yang terlihat tidak sempurna. Orang tua Ani menganggap bahwa Ani adalah perempuan.

“Pada saat lahir,genital bayi ini tidak sempurna. Penis yang terlihat tidak seperti pada umumnya. Akhirnya orang tua menjadikan si anak ini sebagai perempuan. Namun hingga seiring waktu, Ani tidak mengalami hal seperti wanita umumnya. Dia tidak mengalami menstruasi dan lebih senang bergaul dengan laki-laki dibanding perempuan,” Jelasnya.

Kondisi Ani diketahui orang tuanya dari pemberitahuan pihak sekolah. Setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, diketahui jika Ani memiliki kromosom 46, XY.

“Kromosom ini murni laki-laki, sehingga Ani sah adalah laki-laki dan bukan perempuan seperti yang diduga selama ini,” Terangnya.

Ani sendiri mengaku sudah lega dengan kejelasan status yang dimilikinya. Dia benar-benar laki-laki tulen dengan nama Anang Sutomo. “Dulu sering dinyinyiri teman-teman cewek. Dibilang perempuan kok senangnya main sama cowok-cowok. Mereka selalu memandang aneh saya,” ucapnya.

Anang kini fokus untuk menata hidupnya. Laki-laki ini sekarang bekerja di bengkel sepeda motor yang memang identik dengan dunia cowok. Bahkan, dalam guyonan, Anang mengaku kini telah memiliki seorang kekasih. Dengan mendapatkan status pria, dirinya mengaku, semakin percaya diri dan terbebas dari beban yang selama bertahun-tahun dipikul.

Reporter : Anwar

Loading

245 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *