Lpk | Kediri – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri menggelar rapid test atau tes cepat terhadap beberapa jenis produk pangan segar yang di adakan di Kantor Kecamatan Pare, Rabu (16/6/21).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung penambahan imunitas tubuh melalui konsumsi bahan pangan bergizi tinggi di tengah situasi pandemi Covid-19.

Dari pemeriksaan cepat ini, ada dua dari enam sampel bahan pangan yang diuji dinyatakan positif mengandung pestisida. Masing-masing dari komoditas tomat dan cabai. Nurlinda, salah satu peserta program rapid test produk pangan segar asal Desa Sidorejo, sangat senang bisa menjadi bagian dalam program tersebut. Sebab, kegiatan itu mampu memberi tambahan serta wawasan tentang pangan yang aman bagi keluarga di rumah.

“Di tengah suasana masih Pandemi Covid ini, kita dituntut memahami asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Menjalankan protokol kesehatan tidak cukup, tapi dengan imunitas yang kuat, maka Virus Corona bisa dicegah. Tadi, saat ikut di acara, saya dan ibu PKK paham kalau ada jenis sayur yang mengandung pestisida, sehingga sebelum dipotong-potong dan sebelum dikonsumsi patut dicuci bersih dengan air mengalir,” Ucap Nurlinda.

Kepala Seksi Mutu, Gizi, dan Keamanan Pangan (DKPP) Kabupaten Kediri, Sudibyo hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Pihaknya memberi edukasi tentang cara mengetahui dan mengolah produk pangan segar kepada sejumlah Ibu-ibu Penggerak PKK setempat.

“Mengkonsumsi sayuran memang kebiasaan yang bagus, karena meningkatkan pola hidup sehat. Tapi kita perlu ingat, bahwa ada jenis sayur yang mendapat perlakuan seperti disemprot cairan pestisida oleh si petani. Mereka percaya, dengan memakai pestisida maka tanaman sayur mereka akan lebih terlindungi dari penyakit dan hasil panennya bisa bagus,” katanya.

Dirinya percaya, melalui agenda semacam ini masyarakat bisa memiliki pengetahuan lebih, bagaimana jika sewaktu-waktu mereka menemukan produk pangan segar yang mengandung Pestisida ataupun bahan kimia lain. Lalu, diwujudkannya rapid tes keamanan pangan ini bertujuan pengawasan dan keamanan pangan di Kabupaten Kediri.

Untuk diketahui, sejumlah bahan pangan yang dirapid tes, antara lain pentol, kerupuk, hingga aneka sayur-sayuran. Kegiatan serupa akan selalu dilaksanakan terus menerus guna kesehatan kita bersama.

Reporter : Anwar

Loading

282 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *