Lpk | Jember – Satuan Lalulintas Polres Jember mengakomodir keinginan kaum Difabilitas Jember untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Mereka tetap mengikuti prosedur resmi, mengikuti ujian tulis dan praktek.

Kasatlantas Polres Jember AKP Jimmy Heryanto H Manurung, SH, SIK, mengatakan kegiatan ujian SIM bagi kaum Difabilitas juga dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-75.

“Hari ini kita mendapatkan undangan dari kaum difabilitas untuk melaksanakan tes SIM,” kata Jimmy.

Uji SIM kaum Difabilitas khususnya praktek tidak bisa disamakan dengan masyarakat umum. Track yang dilalui berbeda apalagi kendaraan yang ditumpangi. Bila masyarakat untuk tes SIM Satlantas menyediakan kendaraan atau peserta ujian boleh memakai kendaraan sendiri. Kaum Difabilitas tidak mungkin memakai kendaraan selain miliknya sendiri sebab kekurangan fisik masing-masing berbeda.

“Kita berikan hadiah kepada nilai terbaik dan tertinggi untuk ujian tulis dan praktek, juara satu dua dan tiga,” ucap Jemmy usai acara di atas lapangan uji praktek. Hadiah berupa uang tunai.

Kesadaran pentingnya memiliki SIM di kalangan difabilitas cukup tinggi. “Mereka merasakan sendiri pentingnya memiliki SIM untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” kata Jimmy.

Tercatat di bagian permohonan SIM ada 20 orang dari kaum Difabilitas yang mengajukan diri mengikuti ujian praktek.

Reporter : Sigit

Loading

300 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *