Lpk | Tulungagung – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung yang Ke- 816, Pemerintah Kabupaten menggelar tradisi Bersih Nagari. Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso pada hari Kamis 18 November 2021 sekira pukul 10.00 wib.

Hadir dalam acara Bersih Nagari tersebut . Bupati Tulungagung Drs. MARYOTO BIROWO, M.M., Kapolres Tulungagung AKBP HANDONO SUBIAKTO, S.H., S.I.K., M.H.,Dandim 0807 Tulungagung LETKOL INF YOKI MALINTON KURNIAFARI, S.H., M.Tr (Han), M.I.Pol., Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung MARSONO, S.Sos., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung MUJIARTO, S.H., M.H., Wakil Bupati Tulungagung H.GATUT SUNU WIBOWO.SE, Sekda Kabupaten Tulungagung Drs. SUKAJI, M. Si., Kepala OPD lingkup Tulungagung, Rektor Universitas Tulungagung, Camat se Kabupaten Tulungagung, Kepala BUMN se Kabupaten Tulungagung, Ormas Islam Dan Undangan lain.

Kapolres Tulungagung di Saat menghadiri acara tersebut didampingi ibu Nina Handono bersama tamu undangan lainnya dengan menggunakan pakaian tradisi adat kejawen.

Acara Bersih Nagari dimulai Tim kirab masuk halaman pendopo disusul buceng lanang dan buceng wadon, disusul Pataka membawa Panji diterima Ketua DPRD kabupaten Tulungagung dan diserahkan ke Bupati Tulungagung .

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Bhirowo mengatakan, pelaksanaan upacara bersih nagari itu merupakan sebuah tradisi yang dilakukan di Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulungagung.

“Hari lahir Tulungagung dihitung berdasarkan Prasasti Lawadan,” tutur Maryoto Bhirowo..

Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo memenambahkan, Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulungagung yang ke- 816 kedepannya pihaknya akan memprioritaskan percepatan pembangunan infrastruktur, dan tempat prasarana sosial.

“Terus terang saja musim penghujan jalan-jalan banyak yang rusak. Pencapain yang menonjol dapat dilihat di HUT Tulungagung kali ini, adalah sistem pemerintahan yang lebih semakin tertata. Di kabupaten Tulungagung antara kota dan desa-desa sudah tidak ada perbedaan yang mencolok,” terangnya.

Sementara itu dalam sebuah video yang berdurasi kurang lebih 1 menit, Kapolres Tulungagung AKBP Handono mengucapkan selamat Hari jadi Kabupaten Tulungagung.

“Saya Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan hari jadi kabupaten tulungagung ke 816, dengan semangat hari jadi ke 816 mari kita satukan tekad untuk menghadapi covid 19 demi tulungagung yang tangguh dan sehat, ayem, tentrem, mulyo lan tinoto”, ucap Kapolres Tulungagung.

Acara HUT kabupaten Tulungagung kali untuk tamu undangan dibatasi. Karena saat ini masih Pandemi hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya meminimalisir penyebaran Covid-19.

Walaupun pelaksanaan acara tidak seperti tahun sebelumnya, namun hal tersebut mengurangi kesakralan dalam tradisi Bersih Nagari dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke – 816.

Reporter :Mujiono

Loading

295 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *