Lpk | Kediri – Pertandingan yang panjang dan menguras emosi terjadi di laga antara Indonesia vs Singapura di leg kedua Piala AFF 2020 tadi malam (25/12/21). Selama pertandingan terjadi 6 gol di laga yang berlangsung selama 120 menit tersebut.

Ditambah lagi, ada 3 kartu merah yang dikeluarkan wasit dan semuanya untuk pemain Singapura. Namun, menang jumlah pemain tak serta-merta membuat Indonesia bisa menang dengan mudah. Mereka harus berdarah-darah demi bisa merebut tiket menuju laga Final.

Pertandingan semifinal ini terjadi dengan penuh drama dan laga berjalan panas. Kedua timnas yang sama sama butuh hasil menang bermain sengit saling berbalas gol.

Drama paling mengejutkan terjadi di National Stadium Singapore, saat dua kartu merah diterima pemain timnas Singapura, yaitu Safuwan Baharudin yang mendapat kartu kuning kedua di menit 45+2′ serta Irfan Fandi yang mendapat kartu merah langsung di menit 67′.

Meski kalah jumlah pemain, timnas Singapura malah unggul 2-1 pada babak kedua. Dua gol timnas Singapura dicetak oleh Song Ui-young (49′) dan Shahdan Sulaiman (74′).

Adapun gol pertama timnas Indonesia dicetak oleh Ezra Walian pada menit ke-11. Tertinggal 1-2, timnas Indonesia yang tengah unggul jumlah pemain terus melayangkan pertahanan Singapura.

Usaha itupun akhirnya berbuah hasil pada menit ke-87 melalui Pratama Arhan yang muntah dari halauan Hassan Sunny. Dua menit berlalu, Arhan hampir jadi pesakitan. Saat dirinya melakukan pelanggaran pada gelandang Singapura, Shanual Anwar, di kotak terlarang timnas Indonesia. Wasit asal Oman pun menghadiahi penalti.

Beruntung bagi Pratama Arhan serta timnas Indonesia karena ketangguhan Nadeo Argawinata mampu menepis tendangan penalti Faris Ramli, di menit ke-90+4.

Pertandingan yang tanpa perhitungan agregat gol tandang-kandang itu pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di awal babak perpanjangan waktu pertama, Indonesia langsung tampil menggebrak, hasilnya pada menit ke-91 Indonesia mengubah skor jadi 3-2.

Gol ketiga timnas Indonesia diawali dari sepakan Egy yang membentur kaki pemain Singapura, Shawal Anuar. Bola lalu tak bisa dicegah hingga masuk ke gawang Singapura.

Di akhir babak perpanjangan waktu pertama, tepatnya menit ke-105+2. Egy Maulana Vikri tampil sebagai pahlawan. Pemain yang kini tampil di Eropa itu memperlebar skor untuk kemenangan timnas Indonesia menjadi 4-2.

Berlanjut ke babak perpanjangan waktu kedua, timnas Singapura terlihat kehabisan stamina. Namun, peluang demi peluang yang tercipta masih mampu dihalau Hassan Sunny. Namun naas bagi Singapura, di akhir perpanjangan waktu kedua, harus kehilangan Hassan Sunny setelah melanggar keras Irfan Jaya.

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia pun bertahan hingga akhir peluit panjang dibunyikan. Kemenangan ini membawa timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 dengan unggul agregat 5-3 atas Singapura. Catatan penting bahwa final kali ini merupakan kali keenam bagi timnas Indonesia. Indonesia tercatat pernah melaju pada babak Final edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan saat ini 2020.

Reporter : Anwar

Loading

389 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *