Lpk | Sidoarjo – Danramil 0816/15 Sukodono bersama Kepala Desa Pekarungan menyambut Tim Penilai dari Kodim 0816/Sidoarjo yang dipimpin oleh Pasiter Kodim 0816/Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri dan Para Bati Staf untuk melaksanakan Penilaian Lomba Kampung Pancasila di Kantor Balai Desa Pekarungan Kecamatan Sukodono. Senin, 14/3/2022.

Kegiatan Lomba Kampung Pancasila ini dukung oleh Kepala Desa Pekarungan, H. Efendi beserta elemen masyarakat , Tokoh Agama, Tokoh Adat, Anggota PKK dan Karang Taruna. Selama acara ini dilaksanakan secara hikmat diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan Sambutan-sambutan mulai dari Kepala Desa Pekarungan, Danramil 0816/Sidoarjo dan Ketua Tim, Penilai dari Kodim 0816/Sidoarjo.

Kepala Desa Pekarungan menyampaikan, “ Kami Ucapkan selamat datang kepada Tim Juri Lomba Kampung Pancasila di Balai Desa Pekarungan. Dengan adanya lomba ini supaya terbuka hati warga, kami dengan hati Pancasila selanjutnya melakukan teriak yang keras dengan harapan Desa Pekarungan menjadi perwakilan mengikuti lomba Kampung Pancasila dan menang.” Tutur H. Efendi.

Dalam penilaian Kampung Pancasila ini, Masyarakat juga menayangkan simulasi drama konflik warga yang diselesaikan dengan musyawarah oleh Kades Pekarungan dengan Perangkat desanya. Menunjukkan bahwa pengamalan Sila dalam Pancasila itu terbukti dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Danramil 0816/15 Sukodono menyampaikan, ” Kegiatan ini bertujuan untuk menegakkan nilai nilai Pancasila sebagai pedoman Rakyat Indonesia, sebagai contoh penerapan Nilai luhur Pancasila, salah satunya sikap toleransi antar umat beragama dengan berdampingan hidup secara damai tanpa konflik serta memiliki nilai toleransi agama yang tinggi. Kerukunan umat beragama di Kampung Pancasila terbukti dari rumah ibadah yang letaknya saling berdekatan. Meski berada dalam satu area, masyarakat di kampung tersebut tetap menghargai agama masing-masing.” ujar Kapten Arh Puji Wihardi.

Sambutan oleh Pasiter Kodim 0816/Sidoarjo menyampaikan, “Bahwa saya mengucapkan terima kasih kades Desa Pekarungan yang sangat bagus menjadi perwakilan lomba kampung pancasila dan semoga menang. Desa Pekarungan sering ada masalah akan tetapi Kades bisa menyelesaikan sendiri dan tidak sampai mencuat permasalahan tersebut. Saya sangat bangga dengan penayangan Kampung Pancasila semoga menjadi contoh oleh Desa-desa yang lain khususnya wilayah Kab Sidoarjo. Tetapa semangat serta semoga Desa Pekarungan bisa mewakili Kab. Sidoarjo.” Tutur Kapten Chb Kamsuri.

“Jika ada yang kurang mohon dirapikan lagi seperti diangkat kearifan lokalnya misal Patroli atau yang lainnya. Kami mengapresiasi kepada pak Kades dan angkat jempol serta lomba kampung pancasila ini, akan kita angkat ke tingkat Korem dan tingkat Kodam. (semoga Ds.pekarungan bisa menang)” tambahnya.

Penyerahan selayang pandang oleh Kades Pekarungan kepada Team Penilai Kampung Pancasila dilanjutkan paparan selayang pandang oleh Bpk. Irwanto Sekdes Pekarungan adapun isi selayang pandang adalah kegiatan masyarakat Desa Pekarungan tentang lomba Kampung Pancasila.

Maksud dan tujuan lomba Kampung Pancasila adalah menciptakan warga Desa dan Kelurahan yang ada di Kab. Sidoarjo akan sadar dengan Pancasila sebagai dasar ediologi negara Indonesia dan sendi kehidupan bermasyarakat.

Reporter : Edy

Loading

226 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *