Lpk | Tulungagung – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung baru – baru ini telah mendapat kunjungan dari dua Rumah Sakit yaitu, RSUD dr Mohammad Zyn Kabupaten Sampang pada awal bulan Maret 2022 dan RSUD Bendan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah pada Selasa 15 Maret 2022 Minggu ini.

Rombongan dari RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang dipimpin oleh dr. Agus Akhmadi M.Kes selaku direktur dan Sekda Sampang H. Yuliadi Setiawan.

Untuk rombongan RSUD Bendan Kabupaten Pekalongan dipimpin oleh direkturnya, dr. Junaedi Wibawa M.Si, Med, Sp, PK,

“Kunjungan kedua Rumah Sakit tersebut merupakan kegiatan Studi Tiru yang mana mereka ingin belajar tentang tata manajemen perumahsakitan modern dan terpadu yang dimiliki RSUD dr Iskak Tulungagung,” ujar Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto Dharmorejo, Sp.B, FINACS, M. Kes, melalui Kasi Informasi dan Pemasaran Mohamad Rifai, Rabu (16/03/2022).

Kasi Informasi dan Pemasaran Mohamad Rifai menjelaskan, dalam kunjungan studi tiru tersebut juga dilakukan diskusi bersama terkait untuk keberlangsungan pelayanan kesehatan yang baik.

“Mereka belajar dari kita tentang bagaimana pengelolaan keuangan, manajemen Rumah Sakit dan bagaimana dapat tetap melayani semua warga termasuk warga yang tidak mampu sekalipun,” jelas Rifai.

Selain tranfer ilmu dan inovasi program, rombongan kedua Rumah Sakit juga diajak secara langsung melihat ruang Call Center Public Safety Center (PSC) 119 yang merupakan pusat komando (Command Center) dari sistem EMS (Emergency Medical Service) yang telah terhubung dengan berbagai instansi lainnya seperti pemadam kebakaran, BPBD, serta Kepolisian.

“Disitu para peserta study tiru juga kita perlihatkan petugas yang standby 24 jam, sehingga jika ada emergency call dari masyarakat petugas langsung tahu,” sambungnya.

Masih lanjut lRifai mengatakan, inti utamanya mereka melakukan studi tiru adalah ingin melakukan replikasi inovasi Instagram dimana layanan tersebut merujuk pada emergency medical service (EMS) atau layanan Emergency yang dimiliki RSUD dr Iskak.
Dalam studi tiru itu pihak RSUD dr Iskak juga memberikan penjelasan secara detail bagaimana pelayanan di RSUD dr Iskak Tulungagung yang juga barusan menyandang predikat Top of the Top BUMD 2021.

“Yang jelas kita berharap model perumahsakitan low cost, high quality and resposibility (biaya rendah, kualitas maksimal, dan bertanggung jawab) dan hal tersebut bisa ditularkan ke Rumah Sakit lainnya yakni Sampang dan Pekalongan,” pungkas,”

Reporter : Mujiono

Loading

303 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *