LPK | Tulungagung – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Desa Tanjung, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung telah tercairkan. Bantuan langsung Tunai dari Alokasi dana Desa tersebut diperuntukkan bagi 104 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk pencairan bulan April, Mei dan Juni dengan total nilai Rp 900,000 ( sembilan ratus ribu rupiah) per KPM. Pencairan dilakukan di balai Desa Tanjung, pada kamis ( 07 /04/ 2022) pukul 08,00. Hingga selesai.

Proses pencairan melibatkan seluruh anggota perangkat desa dengan di saksikan oleh anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat.

Kepala Desa Tanjung Imam Mahmudi, S,pd menyatakan, pencairan bantuan langsung tunai (BLT ) Dana Desa ini merupakan Peraturan Presiden (Pepres) tahun 2021 tentang Rincian APBN tahun anggaran 2022 salah satunya mengatur tentang penggunaan dana desa.

“Karena pada masa tahap pemulihan perekonomian warga desa akibat dari dampak pandemi Covid-19 membutuhkan jaring pengaman sosial. Salah satunya adalah dalam bentuk Bantuan langsung tunai ( BLT ) Dana Desa ini,” Tutur Imam Mahmudi, S,pd.

Untuk dampak pandemi Covid-19 tahun 2022 ini, sesuai aturan penggunaan Dana Desa 40 persennya dialokasinya dalam bentuk Bantuan langsung Tunai ( BLT). Hari ini pencairan untuk bulan April, Mei dan Juni, tuturnya.

Lanjut Imam Mahmudi , Penggunaan dana desa, yakni 40 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT) ini, difokuskan pada penyelesaian tingkat kemiskinan di desa yang mengalami peningkatan akibat dari pandemi Covid-19. Dirinya juga berharap agar bantuan pemerintah ini selain telah tepat sasaran juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga dengan pencairannya bertepatan pada bulan Ramadhan ini bisa bermanfaat dan pandemi covid-19 segera sirna di bumi Nusantara ini sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti semula, ungkapnya.

Salah seorang warga penerima manfaat KPM saat di wawancarai awak media lpk Nusantara News dan namanya enggan di publikasikan mengatakan, terimakasih kepada pemerintahan Desa Tanjung, kami merasa sangat terbantu adanya bantuan ini setidaknya bisa untuk menyambung kebutuhan kami menjelang lebaran nanti, pungkasnya.

Reporter : Mujiono

Loading

328 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *