Lpk | Tulungagung – Pemerintah Kabupaten Tulungagung Melalui Dinas Ketahanan Pangan Melaksanakan Kegiatan Pembagian Intervensi Desa Rawan Pangan, Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Penanganan Kerawanan Pangan Kewenangan Kabupaten/ Kota Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan Di Aula Balai Desa Blendis, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung .Kamis, 21 April 2022 sekira pukul 10.O0 Pagi.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri, PLt. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung , Ledang Hadiwiyono,SP, Camat Gondang, Sugeng Riyadi S, Sos dan Jajaran Forkopimcam Kecamatan Gondang ,Bhabinkamtibmas Desa Blendis,Suryadi, Babinsa Desa Blendis ,Bero Basuki, Kepala Desa Blendis, Indri Supriyadi, SE., Jajaran Perangkat Desa Blendis dan Calon Penerima Intervensi Desa Rawan Pangan berjumlah yang berjumlah 50 orang.

PLt.Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Ledang Hadiwiyono dalam mengawali Sambutannya menyampaikan, trimakasih kepada Ibu sekalian yang telah Sudi hadir untuk memenuhi undangan kami dan trimakasih juga Khususnya kepada Bapak Camat, Kepala Desa Blendis serta bapak bapak yang didepan Atas kerjasamanya sehingga Acara kegiatan ini dapat Terselenggara, walaupun masih Dalam Suasana puasa masih bisa mempersiapkan semua ini dengan baik ,Semoga dengan Niat baik bapak ibu Semua Di catat Oleh Alloh SWT Sebagai Amal yang Bermanfaat, tutur Ledang Hadiwiyono SP.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Hadir Di Desa Blendis dengan maksud dan tujuan bersilaturrohmi dan sekaligus melaksanakan penyerahan bantuan Intervensi Desa Rawan Pangan, Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Penangan Kerawanan pangan Kewenangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2022., terang Plt. Dinas ketahan pangan Tulungagung.

Adapun Maksud Dan Tujuan di gelarnya Kegiatan Bantuan Intervensi Desa Rawan Pangan ini Untuk Menindaklanjuti Hasil Analisis Peta Ketahanan dan kerentanan Pangan Atau yang lebih dikenal, Dengan Sebutan FSVA (FOOD SECURITY AND VULNERABILITY ATLAS), Merupakan Peta yang Menggambarkan Wilayah Rentan Terhadap Kerawanan Pangan Yang di Alukan Oleh Dinas Dinas Ketahanan Pangan Berkordinasi Dengan Instansi Terkait Di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tulungagung Menunjukkan Bahwa Desa Blendis Kecamatan Gondang Merupakan Wilayah Rentan Terhadap Kerawanan Pangan, Sehingga Perlu Mendapatkan Perhatian Dari Pemerintah, ucapnya

Masih lanjutnya, Dengan Masuk Wilayah Desa Rawan Pangan Bukan Berarti Desa Blendis Kurang Pangan Tidak Atau Desa Miskin Juga Tidak, Namun Indikator lndikator Analisa Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan yang Meliputi Ketersediaan Pangan, Akses Pangan Dan Pemanfaatan Pangan Perlu mendapat perhatian Agar tidak Benar2 menjadi Desa Rawan Pangan, Maka Dari Itu Hari ini Pemerintah Kabupaten Tulungagung’ melalui Dinas Ketahanan Pangan Hadir Di Desa Blendis., jelas Ledang Hariyanto, SP. Dihadapan para tamu undangan.

Masih lanjutnya, Penyerahan Bantuan ini Bertujuan Untuk Meringankan Beban Masyarakat Yang Kurang Mampu yang ada di Desa Blendis Kecamatan Gondang Khususnya dan warga Di Desa Rawan Pangan Lainnya yaitu Di Desa Kradinan Kecamatan Pagerwojo Desa Geger dan Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang , tuturnya.

Plt.Dinas Ketahanan Pangan juga menjelaskan , Bantuan Intervensi Itu Banyak Bisa Berupa Kegiatan Seperti P2L, P-LDPM, Lumbung pangan Dan lain lain, Namun Kami Memilih Intervensi Berupa Bantuan Pangan Karena Saat ini yang paling diperlukan oleh Masyarakat.

Kami juga Berharap Agar Bantuan Intervensi Berupa Bahan Pangan Yang Diberikan Bisa Dimanfaatkan Sebaik Mungkin Guna mengurangi Beban Akibat Dari Pandemi Covid -19 Sekaligus Mencukupi Kebutuhan Sembako / Kebutuhan Pangan Menjelang Hari Ray Idul Fitri yang Sebentar lagi kita lalui Bersama.

“Pada hakikatnya karena urusan Pangan adalah wajib yang harus diupayakan kebutuhannya tidak bisa ditunda dan pada setiap saat harus dicukupi, kemudian siapa yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan pangan hal ini salah satunya adalah pemerintah dan Berdasarkan usulan desa dan ketersediaan pangan ini kami jadikan program untuk memberikan kebutuhan pokok kepada masyarakat”, jelasnya.

Plt.Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Ledang Hadiwiyono. Sp, Saat di wawancarai Awak Media lpk Nusantara News terkait ketersediaan stock pangan 2022 mengatakan, bahwa menjelang hari raya idul Fitri Sampai 3 bulan mendatang ketersediaan pangan di Tulungagung masih bisa mencukupi kebutuhan walaupun saat ini terdapat perubahan iklim/cuaca yang mana ada sebagian jenis tanaman yang tidak bisa ditanam, tungkasnya.

Kabid Ketersediaan Pangan Noor Erliani juga mejelaskan , Penerima bantuan di desa Blendis ini sebanyak 50 KK. Adapun Besaran Bantuan yang diberikan per keluarga adalah bahan Pangan Berupa : Beras dalam Kemasan 10kg, Gula Pasir Sebanyak 5 Kg, minyak Goreng 1 liter Dan Kecap Manis Satu bungkus, jelasnya .

Kepala Desa Blendis Indri Supriyadi di Kegiatan tersebut juga mengatakan, penyaluran bantuan ini tentunya sangat berarti bagi warga masyarakat Desa Blendis apalagi sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri sehingga daya tahan ekonomi keluarga yang mayoritas petani mampu bertahan.

“Semoga bantuan bahan pangan dari Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan untuk warga Blendis berkelanjutan dan bermanfaat,”ucapnya.

Kepala Desa Blendis Menambahkan, selain mendapatkan bantuan Bahan Pangan, Jalan jalan yang rusak juga harus mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Tulungagung, yang mana Jalan Merupakan akses Keluar masuk bagi warga untuk menjual hasil Tanaman mereka.

Kami menghimbau Agar Masyarakat Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan Dalam Kegiatan Sehar Hari Dengan selalu Memakai masker,” Pungkasnya.

Reporter : Mujiono

Loading

213 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *