Lpk | Sidoarjo – Kodim 0816/Sidoarjo melaksanakan kegiatan Bakti PMK terhadap hewan ternak sapi yang bertempat di Ds. Tropodo Kec. Krian Kab. Sidoarjo. Jumat, 20/5/2022.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kadis Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo, Dekan Unair Surabaya Prof. Mirni, Prof. Helmi & Prof. Pedik dari Universitas Airlangga Surabaya, Forkopimka Kec. Krian, Para peternak Hewan Sapi Se-Kec. Krian dan Batiter & Babinsa Kodim 0816.

Kegiatan diawali dengan Sambutan Kadis Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo menyampaikan, “PMK pada sapi tidak menular pada manusia. Tanda klinis penyakit PMK pada hewan ternak meliputi, demam tinggi (39-41 derajat celcius), keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, Luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, kaki pincang, Luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetar, napas cepat, produksi susu turun drastis dan menjadi kurus.” Jelasnya.

Sambutan Dekan Unair Surabaya yang menyatakan bahwa hasil daging dan susu hewan sapi yang terjangkit penyakit PMK tidak menular ke manusia dengan syarat harus di masak dengan temperatur suhu yang panas tinggi. Hewan yang terkonfirmasi PMK masih bisa dikonsumsi. Akan tetapi, pihaknya ingin agar masyarakat bisa mendapatkan daging yang segar dari sapi sapi atau hewan ternak yang sehat. Konsumsi dengan cara memasak yang benar.

Upaya Penyuntikan dan penyemprotan kadang hewan sapi oleh dokter hewan sekab. Sidoarjo secara serentak di 16 kecamatan Sekab. Sidoarjo terdiri dari 41 Desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Reporter : Edy

Loading

178 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *