Lpk | Sidoarjo – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sidoarjo, dipastikan berlangsung aman dan kondusif oleh Kapolresta Sidoarjo dan Komandan Kodim 0816/Sidoarjo.

Dalam acara Safari Cangkrukan Kamtibmas Pilkades di di Balai Desa Gempolsari Kec. Tanggulangin Kab. Sidoarjo. Nantinya akan diturunkan personil TNI dan Polri guna mengamankan 669 TPS Pilkades 84 Desa di Kabupaten Sidoarjo. Senin (06/6/2022) pagi.

Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolresta Sidoarjo beserta PJU Polresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Dinas PMD Kab. Sidoarjo beserta staf, Camat Tanggulangin, Plh Danramil 0816/06 Tanggulangin, Kapolsek Tanggulangin, Pasi Ter Kodim 0816/Sidoarjo bersama Panitia Pilkades.

Sambutan Camat Tanggulangin menyampaikan, “Selamat datang dan terima kasih kepada Kapolresta Sidoarjo dan Bapak Dandim Sidoarjo beserta jajaranya. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Bapak Kapolresta Sidoarjo serta Bapak Dandim Sidoarjo dalam rangka menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang Pilkades serentak khususnya di wilayah Kec. Tanggulangin. Sejauh ini tahapan penetapan DPT, alhamdulillah masih kondusif, semoga seterusnya sampai kegiatan Pilkades selesai. “ tutur Sdr. Sabino Mariano S.Sos. M.Kp.

“Sosialisasi harus tetap kita gencarkan agar menambah animo dan partisipasinya untuk antusias memilih calon kades nya sehingga bisa membangun desanya lebih maju kedepan. Selamat berjuang, persiapkan diri untuk berkompetisi dengan baik. “ tambahnya.

Kombel Pol Kusumo Wahyu Bintoro SH. S.I.K menyampaikan sambutannya, “Terimakasih saya ucapkan kepada bapak Dandim Sidoarjo serta seluruh jajaran yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan hari ini. Pilkades puncaknya tanggal 19 Juni 2022, tahapan-tahapan sebelumnya harus dilalui. Sidoarjo secara keseluruhan mengentaskan covid-19, kita bahu-membahu bersama-sama alhamdulillah covid-19 berada di level 1, terjangkit masih 20 orang. Sering kali kita sosialisasikan mengenai vaksin dan Sidoarjo termasuk yang pencapaiannya tinggi.” Jelas Kapolresta Sidoarjo.

“Adanya wabah PMK yang masih menjadi fokus kita H+2 lebaran sampai dengan saat ini. Pasar ternak dan khususnya hewan ternak yang berkaki belah (sapi, kambing, kerbau) dengan aturan hewan tersebut tidak boleh keluar dari wilayah sehingga tugas kami melakukan penyekatan terhadap hewan, tolong disosialisasikan, langkah-langkahnya pengalihan arus dan penyekatan jenis hewan-hewan tersebut.” Tambahnya.

“Penjelasan time line Pilkades Serentak 2022, momen krusial pelaksanaan kampanye, pemungutan suara dan penetapan calon kades terpilih, dan Juli semoga bisa dilantik. Pelaksanaan Pilkades di Kab Sidoarjo ada di 84 desa, dan perkiraan TPS sekitar 725, sedangkan kerawanan berdasarkan lokasi TPS yang berjauhan sehingga Anggota tidak bisa mengawasi 2 TPS yang berjauhan. Jumlah personel pengamanan sekitar 1.380 personil , kita juga mendapatkan BKO dari Polres, Polda, Brimob, Korem 084/BJ, Kodim 0816 Sidoarjo, dan Posisi TNI Polri ini netral. “ tegas Kapolresta Sidoarjo.

Sambutan Dandim 0816 Sidoarjo menyampaikan, “Mari laksanakan Pilkades serentak yang dilaksanakan di wilayah kita, dengan tertib, damai dan mematuhi semua peraturan. Sehingga situasi kamtibmas di Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif. Selain itu, masyarakat juga dihimbau selama masa Pilkades tidak berbuat curang, anarkis, saling hasut, menyebar berita bohong, menebar kebencian serta tidak menjadikan Pilkades sebagai ajang taruhan dan money politik.” Tegas Letkol Inf Masarum Djati Laksono.

“Bagi oknum yang coba melakukan pelanggaran hingga membuat Pilkades tidak aman dan mengganggu kondusifitas kamtibmas, bila terbukti akan dikenakan sanksi pidana. Semoga pilkades kali ini bisa menghasilkan Kepala Desa yang berkualitas, untuk para cakades dapat menerima hasil baik menang ataupun kalah harus berbesar hati menerimanya.”

“Kami dari Kodim 0816/Sidoarjo bersama Polresta Sidoarjo akan mengawal kegiatan Pilkades serentak tahun 2022 dari awal sampai akhir ini supaya berjalan lancar, aman dan damai. Perlu kami tekankan disini posisi kami TNI-Polri ini Netral. Mohon dukungan dan kerjasama nya sehingga pilkades kali ini bisa berjalan aman dan tertib.”

Reporter : Edy

Loading

234 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *