Lpk | Sidoarjo – Anggota Koramil 0816/13 Wonoayu Sertu Suriadi melaksanakan pemantauan kegiatan mahasiswa UNMUH Malang di Kampung Lali Gadget dalam rangka FESTIVAL ANAK SAWAH di dusun Bendet Desa Pagerngumbuk Kec.Wonoayu Sidoarjo. Minggu, 3/7/2022.

Kegiatan di mulai dengan memperkenalkan jenis permainan tradisional seperti Egrang, Bakia, Congklak, Klompen tali, Orang-orangan sawah. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekdes Pagerngumbuk ( H.Arwan Haryono ), Babinsa Pagerngumbuk wonoayu Sidoarjo, Kepala Sekolah SDN Sawocangkring SDN Plaosan, SDN Mulyodadi, SDN Candinegoro. Anggota KLG, Warga Dusun Bendet Pagerngumbuk dan Orang tua wali murid dan diikuti 91 anak dari berbagai Sekolah Dasar di Wonoayu Sidoarjo.

Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa UNMUH Malang di Kampung Lali Gadget mengajak anak-anak bermain jerami untuk membuat orang-orangan sawah serta melatih ketangkasan dan kekompakan melalui permainan tradisional. Dengan kegiatan ini banyak harapan semoga anak-anak generasi penerus memiliki kegembiraan yang luar biasa sehingga dapat menciptakan masa depan dari desa untuk Indonesia.

Keceriaan terlihat jelas dari wajah bocah-bocah itu. Saat bermain mainan, anak-anak itu terlihat semakin bergembira. Di sisi lain, anak-anak juga sangat bersemangat bermain mandi lumpur di arena permainan lumpur di sawah. Anak-anak bisa bermain sesuka hati untuk mandi lumpur tanpa dimarahi orang tua mereka. Gelak tawa semakin kencang saat ada salah satu anak asyik bemain dan bercanda dengan teman-teman lainnya.

Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu mengatakan, “Hal ini merupakan salah satu pemandangan aktivitas saat kegiatan bersama di Kampung Lali Gadget. Kampung ini dibentuk atas keresahannya terhadap anak-anak yang kecanduan main gadget. Karena kecanduan, dampaknya anak-anak kini banyak yang lupa terhadap permainan tradisional dan tidak mengenal kehidupan sosial di lingkungan sekitarnya. Keceriaan anak-anak saat bermain permainan tradisional di Kampung Lali Gadget di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.” Ungkap Sertu Suriadi.

Reporter : Edy

Loading

194 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *