Lpk | Gresik – Koptu Yoyok merupakan Babinsa Koramil 0817/13 Ujungpangkah yang membina wilayah dan masyarakat Desa Bonagung, Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.

Dirinya kerap sambang wilayah setiap harinya, berbagai aktifitas masyarakat dipantaunya termasuk yang dilakukan oleh Muhktar (41) seorang petani Singkong/Ketela. Selasa (11/10/2022).

Singkong atau ubi kayu merupakan produksi hasil pertanian pangan kedua terbesar setelah padi, sehingga singkong mempunyai potensi sebagai bahan baku yang penting bagi berbagai produk pangan dan industri.

Singkong biasanya dijadikan sebagai alternatif olahan pangan karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, selain itu daun singkong juga dapat digunakan sebagai bahan sayuran yang layak dikonsumsi pendamping nasi dan lauk.

Disaat bersama para petani yang sedang melakukan perawatan rutin pada tanaman ubi kayu, Koptu Yoyok turut membantu dengan pembersihkan dahan dahan kering serta melakukan pengemburan tanah di seputaran tanaman ubi kayu agar proses pembeseran ubi kayu dapat cepat berkembang seperti yang diharapkan oleh para petani sehingga hasil tanaman dapat diterima oleh konsumen.

“Untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman singkong, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukan yang tepat waktu.”tutur Koptu Yoyok saat dilokasi

Ucapan terimakasih tak luput disampaikan oleh Muhktar kepada Babinsa yang telah meluangkan waktunya untuk hadir membantu melakukan perawatan tanaman ubi kayu miliknya.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada pak babinsa karena selain membantu kami pak babinsa selalu memberikan kami motivasi yang positif, karena bertujuan agar kami lebih semangat lagi mengembangkan usaha kami dalam bidang pertanian khususnya pada tanaman ubi kayu ini,” ucap Muhtar.

Reporter : Yanti

Loading

161 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *