Lpk | Tulungagung – Lokakarya dan lomba lukis Topeng Panji ,Yang diikuti oleh para siswa / Siswi Sekolah dasar dari Kabupaten Blitar,Tulungagung ,Trenggalek, Kediri dan nganjuk, yang berlansung selama dua hari di Grand Hotel Surya Hotel Kediri pada Sabtu dan minggu 22 hingga 23 Oktober 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut , Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar , Ketua Balai Pelestarian Nilai Budaya yogyakarta Dwi Ratna Nurhaharini , Kepala Disbudparpora Zahrie Ahmad, Praktisi Ida Sulistyawati. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Kepala Dinas Pendidikan Nganjuk , Kepala Dinas Blitar, Kepala Dinas Pendidikan Tulungagung Dan Trenggalek, Solikin, Spd, MPD, Para Peserta lokakarya dan Tamu undangan lainnya.

Kegiatan lokakarya dan lomba lukis Topeng Panji Diresmikan langsung oleh Walikota Kediri,Abdullah Abu Bakar ,dan ada tiga juri yang bertugas dalam memberikan penilain yakni, Sigit Widiatmoko dosen Universitas Nusantara PGRI , Ambarwati serta Dyah Purnawati dari Penggiat Seni dan Budaya Kota Kediri.

Abdullah Abu Bakar, Walikota Kediri Dalam sambutannya mengatakan, untuk pelestarian lokakarya topeng Panji perlu dimaksimalkan lagi , dibutuhkan kerjasama yang baik antar stakeholder. Selain pemerintah , semua pihak harus bergandeng tangan untuk membuat cerita ini ada.

“jika kita mau melestarikan budaya untuk dijadikan cerita dan warisan , hal tersebut mempunyai nilai jual yang sangat mahal. Banyak peluang yang bisa dikerjakan.oleh para siswa /siswi untuk membuat cerita yang ada di dalam pikirannya dan akhirnya bisa dijual,” jelasnya.

Lanjut Abdulah Abu Bakar , bila kebudayaan itu telah dimiliki dan bisa dikemas ulang dengan bagus atau diceritakan kembali sesuai dengan perkembangan zaman sekarang, tentunya kebudayaan akan mudah diterima oleh anak-anak zaman sekarang. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat untuk bahan cerita pada generasi mendatang, ” Pungkasnya.

Berikut nama peserta pemenang lomba Lukis Panji Sekaresidenan Kediri yakni:

1, Karya Lukis Topeng Terbaik 1, pemenang, Aretha Rahmadita Wijianto , asal SD Negeri 4 Kampungdalem ,Kabupaten Tulungagung Dengan Total Nilai 276.
2.Karya Lukis TopengTerbaik 2.pemenang , Elvaretta Dewinda Ramadhani, Asal SD Negeri Ketawang 1 Kabupaten Kediri total nilai 275.
3.Karya lukis Topeng Terbaik 3. Berlyannovta verrentia putri, asal SD Negeri Sidorejo 1 Doko Kabupaten Blitar Dengan total nilai 274.
4. Karya Lukis Topeng lV, Masyita Cantika Putri Tuhulele, SD Islam Terpadu Al Ashar Kota Kediri, total nilai 368.
5.Karya Lukis Topeng Terbaik V, charlene Inggrit Naomy, SD Negeri Sido mulyo 2 Bakung, Kabupaten Blitar ,Total nilai 274.
6.Karta Lukis Topeng Terbaik VI, Carissa Seevira Putri winarko, SD Negeri1 Picisan Sendang, Kabupaten Tulungagung.
7.Karya lukis Topeng Nominator 1,Neva Almira Sawitri. SD Muhamadiyah 1 Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, total Nilai 260.
8. Karya Lukis Topeng Nominator II. Saesabila Octaviana Fitri Nurrachaman, Asal SD Negeri 1 Ngrawan Kabupaten Nganjuk, total Nilai 253.
9.Karya lukis Topeng Nominator III. Aurelia Meriyani, SD Negeri 2 Sengon , Kabupaten Trenggalek, Total nilai 234.
10. Karya Lukis Topeng Nominator IV, Titania aurell Triagustin, SD Negeri Kepanjenlor 2 Kota Blitar , total nilai 230

“Semoga ” Dengan Raihan hasil sebagai Pemenang lomba lukis Topeng terbaik ,
yang telah didapat oleh para Siswa /siswi Dari SD 4 Kampungdalem dan SD Negeri 1 Picisan sendang dapat memotivasi Siswa / Siswi lainnya yang yang Ada di kabupaten Tulungagung.

Reporter : mujiono

Loading

217 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *