Lpk | Sidoarjo – ODF (Open Defecation Free) mungkin masih menjadi istilah baru ditelinga masyarakat, ODF adalah keadaan dimana sudah tidak ada masyarakat yang buang air besar ditempat terbuka atau sembarang tempat seperti sungai, kebun, semak-semak dan lainnya.

ODF merupakan salah satu Program dari pilar STBM (Sanitasi  Total Bebasis Masyarakat) yang pertama yakni  STOP Buang Air Besar Sembarangan.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Danramil 05/Tulangan Kapten Inf Moh. Said yang diwakili Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Serma Edi menghadiri acara Pencanangan Desa ODF tingkat  Kecamatan, bertempat di Pendopo Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, selasa (25/10/2022)

Pada dasarnya, harapan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Bapak Supaat adalah adanya kerja sama kepada kader PKK untuk menindak lanjuti program ODF/ stop buang air besar sembarangan. Selain itu juga mengharapkan kepada kader PKK aktif memberikan penyuluhan untuk menjaga kesehatan pribadi keluarga  dan lingkungan secara umum, “Ungkap Serma Edi.

Reporter : Edy

Loading

130 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *