Lpk | Surabaya – Ungkap kasus Exploitasi perdagangan orang untuk di jadikan PSK di Tretes Pandaan Pasuruan, Unit 3 Subdit 4 Renata Polda Jawa Timur mengamankan 5 tersangka pelaku perdagangan orang.Senen , 21 November 2022.

Dalam keterangannya Kabid Humas Kombes Dirmanto menerangkan,” Penangkapan terhadap tersangka tindak pidana perdagangan orang ini berdasarkan dengan laporan polisi serta laporan masyarakat. Penangkapan para tersangka dilakukan dibeberapa tempat, yaitu di warung kopi WP yang beralamat di sebuah Ruko di Gempol Mojorejo Gempol Pasuruan,TKP kedua di salah satu perumahan di kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Dalam menjalankan operasinya para tersangka menyebarkan informasi di korban dengan menawarkan pekerjaan menjadi pemandu lagu dengan gaji antara 10 juta sampai 25 juta. Kemudian 19 orang ini tertarik sehingga terjadilah transaksi perdagangan orang tersebut.

Korban dipekerjakan sebagai PSK dan disekap di beberapa tempat dan beberapa ada yang masih dibawah umur,korban di sekap di sebuah ruko, kemudian tim mendatangi ruko di Gempol dan mendapatkan 8 orang perempuan tiga diantaranya masih di bawah umur, kemudian dikembangkan Minggu lalu juga kemudian dikembangkan Minggu lalu di perumahan Pesanggrahan, kecamatan Prigen Pasuruan, didapatkan 11 perempuan dan yang satu masih di bawah umur. Total korban perdagangan perempuan ini ada 19 orang.

Dari lima tersangka dalam kasus ini dua orang yaitu DJ alias Papi Galih, RN alias Mami Putri, sedangkan yang membantu ada CE alias Eko, AG, AD. Para tersangka ini dijerat dengan pasal 2 Junto pasal 17 dan pasal 10 undang-undang nomor 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang dan pasal 2 ayat 1 huruf r nomor undang-undang nomor 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang. Hukuman kepada yang bersangkutan ini paling singkat tiga tahun dan paling lama 15 tahun penjara dan denda paling sedikit 120 juta paling banyak 600 juta dan apabila korban anak-anak hukumannya ditambah sepertiga hukuman. Ungkapnya.

Reporter : Joko

Loading

172 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *