Lpk | Sidoarjo – Babinsa Koramil 0816/05, Serma Edi Beserta Staf Balai desa Bapak Arif memberikan pengenalan tentang tata cara bercocok tanam kepada Taman Kanak-Kanak (TK), Kecamatan tulangan, Kabupaten sidoarjo, selasa (20/12/2022).

Pendamping outing class taman Kanak-Kanak (TK) Kecamatan tulangan Kabupaten sidoarjo mengajari para anak didik dengan melakukan outing class dengan tema berkebun dan bercocok tanam. “Kami memberikan pelajaran praktek bercocok tanam kepada anak TK ini untuk memberikan pemahaman mengenai pangan sejak usia dini,” kata bapak arif dan ibu herawati tutik.

Para anak TK ini melakukan praktek bercocok tanam di lahan percobaan Experimental Farm (exfarm) milik bapak haji ponari, sekaligus juga di lahan exfarm itu para siswa siswi taman kanak-kanak diberikan penjelasan kepada anak usia dini tentang asal muasal sayur mayur yang dikonsumsi oleh masyarakat.

“Untuk memberikan pemahaman pada anak didik setingkat TK, mereka tidak bisa dijelaskan secara teori saja, tapi juga ditunjukan langsung terkait dari mana awalnya sayuran yang setiap hari mereka makan,” ujar bapak arif (salah satu staf balai desa kebaron).

Memperkenalkan tanaman-tanaman seperti kangkung, strowbery, ketela. Anak TK juga diminta untuk menanam

tanaman akar dengan media polybag dan hasilnya bisa dibawa pulang oleh masing-masing anak. Sementara itu ibu herawati tutik (pendamping) mengatakan, ide pembelajaran outing class di lahan percobaan exfarm dilakukan karena saat proses belajar di kelas, banyak anak mengganti tentang asal muasal sayur mayur yang mereka makan sehari-hari sekaligus merupakan program rutin outing class setiap 4 -5 mingguan.

Dalam kunjungan ini ±25 anak tk dihadirkan dengan tanaman jenis bunga/hias yang biasa menghiasi rumah-rumah dan taman serta diberikan games seru untuk menghibur anak-anak beserta hadiah yang membuat mereka berebut menjawab seluruh pertanyaan para kakak pendamping .

Bosan dengan tanaman dunia akhirnya anak-anak dikenalkan dan diperbolehkan bermain dengan kelinci-kelincian yang memang telah dipersiapkan oleh Pihak pendamping Pertanian, agar anak-anak dapat lebih mencintai dan menyatukan hewan. (RF)

Trimakasih kami ucapkan kepada Bapak Babinsa Serma Edi yang selalu aktif dan hadir dalam segala kegiatan di desa kabaron “Semoga dengan kehadiran Bapak Sukardi Babinsa dari Koramil 0816/05 Tulangan ini dapat memberikan motivasi tersendiri buat para peserta didik kami” pungkas Bapak Arif.

Reporter : Edy

Loading

123 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *