Lpk | Tulungagung – Bupati Tulungagung Drs. maryoto Birowo memimpin Langsung pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator, pengawas dan jabatan fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Kegiatan pelantikan dilaksanakan di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Senin 16 Januari Tahun 2023 Dini hari.

Lebih kurang 82 PNS yang mengikuti pelantikan hari ini, terdiri dari 5 pejabat dari Eselon IIB, 12 Eselon IIIA, 19 pejabat Eselon IIIB, 21 pejabat Eselon IVA, 20 pejabat Eselon IVB, dan 5 pejabat fungsional.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan merupakan hal yang biasa dalam kehidupan berorganisasi, dalam rangka pemantapan pengangkatan kapasitas kelembagaan, didalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, dan pelayanan masyarakat, serta merupakan bagian dari pembinaan karir dari pegawai,” ucap bupati Tulungagung.

Selaku pejabat pembina kepegawaian PPK kami bertanggungjawab sepenuhnya melaksanakan manajemen PNS yang diantaranya adalah menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai yang disiplin dalam instansi pemerintah sesuai dengan ketentuan perundang – undangan,” ungkapnya.

Namun demikian, dalam melaksanakan tanggungjawab dan wewenangnya, Bupati berharap, tetap mendasarkan kepada obyektifitas kepangkatan, kompetensi kinerja, yang tentunya tetap mempertimbangkan rekomendasi dari tim penilai kinerja PNS.

Masih kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, pelaksanaan pengambilan sumpah/ janji dan pelantikan jabatan kali ini bersifat promosi, rotasi, dan reposisi, karena adanya kekosongan sejumlah jabatan. Orang nomor satu di Kabupaten Tulungagung ini juga mengucapkan selamat kepada pejabat yang telah diambil sumpah/janji jabatan, khususnya yang mendapat promosi agar segera cepat beradaptasi ditempat tugas barunya.

Saya selaku kepala pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten Tulungagung ucapkan selamat, dan saya yakin saudara akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik,” ungkap bupati Tulungagung.

Untuk semua pejabat fungsional yang terlantik, agar dijadikan suatu aspirasi/ Dorongan untuk lebih profesional dalam bekerja serta terus meningkatkan kualitas kinerjanya. Seiring diadakannya suatu penilaian, yang kita lantik ini semua promosi dan tidak ada yang menurun kinerjanya, “ tutunya.

Maryoto Birowo berpesan, kesemua OPD lingkup Pemkab Tulungagung berupaya semaksimal mungkin untuk bisa menekan inflasi serendah-rendahnya walaupun di Tulungagung inflasinya masih relatif kecil.

“Hal ini sangat penting dan urgent untuk segera ditangani, khususnya bagaimana inflasi ini harus ditekan serendah – rendahnya, bahkan kalau bisa jangan sampai terjadi inflasi walaupun Tulungagung inflasinya masih relatif kecil namun demikian akan kita tekan serendah-rendahnya,” terangnya.

Sementara itu, terkait masih adanya 6 jabatan Eselon II yang masih kosong di lingkup Pemkab Tulungagung, Bupati Maryoto menuturkan bahwa, dalam pengisiannya harus melakukan beberapa verifikasi atau penyaringan, dengan mengusulkan kepada Gubernur dan dibentuk pansel.

“Iya, 6 jabatan Eselon II yang masih kosong diantaranya adalah Kasatpol PP, Kepala Bappeda, Asisten I, termasuk Dinas yang baru yakni BRIDA, PORA, dan Damkar, dan ini segera lebih cepat lebih bagus,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tulungagung, Soeroto, saat diwawancarai usai pelantikan menerangkan bahwa, dari 82 PNS tersebut yang mengalami promosi, rotasi, /perpindahan jabatan/pengangkatan pertama meliputi, 5 pejabat dari Eselon IIIB promosi ke Eselon III A, 2 pejabat Eselon IVA promosi ke Eselon IIIB, 10 pejabat fungsional promosi ke Eselon IIIB, 9 pejabat Eselon IVB promosi ke Eselon IVA, 8 pelaksana promosi ke Eselon IVA, 14 pelaksana promosi ke Eselon IVB, 27 rotasi jabatan, 1 perpindahan jabatan struktural ke jabatan fungsional, 2 perpindahan jabatan fungsional ke jabatan struktural, dan 4 pengangkatan jabatan pertama fungsional.

Adapun 5 PNS yang terlantik sebagai pejabat tinggi pratama yakni,

Drs. Sugianto, M.M., jabatan lama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda kabupaten Tulungagung, Jabatan baru sebagai Kepala DPMD Kabupaten Tulungagung.

Drs. Johanes Bagus Kuncoro, M.Si., jabatan lama, Kepala BPKAD Kabupaten Tulungagung, jabatan baru Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung.

Drs. Suyanto, M.M., jabatan lama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, jabatan baru, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

Wahiyd Masrur, S. Sos., jabatan lama Kasatpol PP Kabupaten Tulungagung, jabatan baru, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung.
Galih Nusantoro, S. Stp., M.M., jabatan lama Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung, jabatan baru Kepala BPKAD Kabupaten Tulungagung.

Penandatangan Berita acara pelantikan oleh Setda, Drs. Sukaji, M. SI., Dihadapan Bupati Tulungagung ,Drs. Maryoto Birowo, M. M.

Reporter : Mujiono

Loading

109 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *