Lpk | Trenggalek – Bencana alam kembali terjadi di wilayah Trenggalek. Kali ini lahan seluas satu hektar ambles hingga dua meter sehingga satu rumah warga hancur.

Dalam kejadian ini terjadi di Dusun Donosari, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pule, Trenggalek. Rumah tersebut milik Jayat yang baru dibangun hancur dan nyaris roboh. Retakan dengan ukuran besar hampir diseluruh bagian rumah mulai lantai, dinding, maupun tiang penyangga.

Dampak paling parah terjadi sekitar tiga hari yang lalu ketika hujan deras, kata Jayat. Kamis (23-02-2023)

Akibat kondisi tersebut akhirnya Jayat dan istrinya terpaksa harus menumpang ke rumah orang tuanya.

Saat dikonfirmasi pihaknya belum tahu ke depan akan tinggal di mana, karena tidak memiliki lahan untuk dibangun rumah. Saya sudah tidak punya lahan lagi, cuma satu satunya sapi yang kita miliki, kata Jayat.

Menurutnya selain di rumah Jayat, retakan dan tanah amblas terjadi dibeberapa lokasi, termasuk akses jalan kampung. Tanah penurunan saat ini mencapai dua meter.

Sekretaris Desa Sidomulyo, Samto, menjelaskan luas area tanah gerak di Dusun Donosari mencapai sekitar satu hektar. Salah satunya milik Pak Jayat ini, kondisinya yang paling parah, kata Samto.

Kalau untuk rumah yang lain belum sampai retak, tetapi di luar rumah sudah ambles dan retak, imbuhnya.

Samto menambahkan bencana tanah gerak di Dusun Donosari terjadi sudah dua kali. Peristiwa pertama tahun 2017 ada satu rumah yang terdampak dan orangnya pindah ke RT sebelah,” kata Pak RT ketika ditemui di rumahnya.

Saat ini pemerintah desa bersama pemerintah kecamatan, aparat kepolisian dan TNI masih berkoordinasi guna menentukan langkah penanganan. Semoga dengan terjadi musibah yang menimpa di Dusun Donosari yang ketepatan rumah saudara Jayat ini dari pihak terkait segera ditindak lanjuti, pungkasnya.

Reporter : Imam

Loading

92 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *