YALPK | Surabaya – Salah satu Kecamatan di Kota Surabaya untuk menikmati keindahan laut seakan tak pernah habis. Memang belum lengkap rasanya bila datang ke Jalan Greges namun tidak singgah di Sontoh Laut, wisata terbaru yang bisa menjadi salah satu Destinasi Wisata Laut di Surabaya.

” Sontoh Laut diambil dari seseorang yang menjadi leluhur atau orang yang pertama mendiami daerah tersebut. Kami mendapat informasi mengenai riwayat asal usul Sontoh Laut, keindahan Sontoh Laut menjadi alternatif wisata bagi warga Surabaya dan touris domestik maupun mancanegara untuk berwisata di Surabaya,” tutur Drs. Bambang Udi Ukoro SH. MSi. Camat Asemrowo, saat di komfrimasi disela-sela kegiatan pada hari Minggu ( 3/8 ).

 

foto : Bertopi putih Drs. Bambang Udi Ukoro SH. MSi. Camat Asemrowo

Bambang menambahkan Sontoh adalah nama orang yang dipanggil mbah Sontoh, yang sekarang menjadi leluhur atau nenek moyang dari warga Greges. Mbah Sontoh yang dikenal sebagai seorang pelaut sehingga daerah itu disebut Sontoh Laut. Dari situ kami mendapatkan informasi banyak dari H. Muhammad Ridwan salah satu tokoh yang dulu mencoba mengembangkan kawasan Sontoh Laut yang ada di kota Surabaya.

“Kami mengajak warga untuk mandiri, artinya warga jangan menunggu bantuan atau menunggu aktivitas program-program pemerintah, tetapi apa yang bisa dilakukan oleh warga setempat tersebut baru kita suport, kita dukung untuk kita kembangkan,” ungkapnya.

 

Sebagai salah satu destinasi wisata, lanjut Bambang, kami mencoba untuk memfasilitasi dan ingin menggugah warga setempat terhadap kemampuan atau potensi yang dimiliki oleh warga itu sendiri.

Banyak cerita dari warga setempat mengenai keindahan alam, kondisi wilayah, dan warga ingin ekonomi kerakyatan bisa tumbuh. Dan ada usulan dari salah satu tokoh masyarakat untuk membangun Gazebo di kawasan tengah laut.

Gazebo di tengah laut ini yang nantinya akan kita kembangkan dalam satu potensi destinasi wisata, tutup Bambang. ( ir )

Loading

464 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *