Lpk | Tulungagung  – Pemerintah Kabupaten ( Pemkap) Tulungagung menggelar pengambilan sumpah/janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemkab Tulungagung. Yang dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Senin, (12/08/2024).

Acara pelantikan dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, dengan dihadiri Ketua DPRD Tulungagung, Sekda Tulungagung, Ketua komisi A DPRD Tulungagung, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Tulungagung, Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tulungagung,dan Pejabat yang akan dilantik.

Pj. Bupati Tulungagung Dr.Ir. Heru Suseno, M.T., dalam sambutannya mengucapkan Selamat kepada seluruh pejabat yang sudah dilantik dalam jabatan barunya. Dengan jabatan baru tersebut, maka mempunyai konsekuensi tugas dan tanggung jawab menjadi lebih besar dan meningkat.

Menurutnya, pelantikan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas tersebut merupakan bagian dari sistem manajemen ASN yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pelaksanaan pengangkatan dan pelantikan pada hari ini dilaksanakan dengan berpedoman kepada, pertama, Pasal 71 ayat 2 undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota menjadi undang-undang,” ucap nya

Kedua, pasal 25 ayat 2 perpres nomor 116 tahun 2022 tentang pengendalian pengawasan pelaksanaan dan norma, standar, prosedur dan kriteria manajemen ASN. Kemudian, Permendagri nomor 4 tahun 2023 tentang penjabat gubernur, penjabat bupati dan penjabat wali kota,” terang Heru Suseno.

Lebih lanjut disampaikan Heru Suseno, jabatan Pimpinan Tinggi Pratama diangkat dan dilantik berdasarkan hasil verifikasi terhadap dokumen yang kemudian menjadi dasar untuk diterbitkannya surat rekomendasi KASN, pertimbangan teknis BKN sampai dikeluarkannya surat persetujuan pengangkatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama oleh kemendagri.

Selanjutnya, jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas dilantik berdasarkan hasil verifikasi dokumen yang menjadi dasar diterbitkannya pertimbangan teknis BKN dan surat persetujuan pengangkatan dan pelantikan jabatan administrator dan jabatan pengawas oleh kemendagri.

Pada kesempatan ini, bersama-sama telah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji PNS dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 2 (dua) orang, Jabatan Administrator sebanyak 35 (tiga puluh lima) orang, dan Jabatan Pengawas sebanyak 35 (tiga puluh lima) orang,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Heru Suseno juga menyampaikan bahwa, pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pada tersebut bersifat promosi dan rotasi.

Pihaknya berharap, kepada para pejabat yang baru dilantik untuk terus meningkatkan pengembangan kompetensi diri.

Kompetensi dan profesionalisme, diharapkan dapat mengimplementasikan setiap kebijakan pembangunan daerah dan sejalan dengan tugas dan fungsinya, sehingga dapat membantu pemerintah kabupaten tulungagung menjadi lebih baik,” kata Heru Suseno.

“Semoga dengan dilantiknya pada jabatan yang baru, dapat segera beradaptasi dengan tugas jabatan di lingkungan kerja yang baru serta menjadikan pengalaman dalam jabatan sebelumnya sebagai sarana evaluasi peningkatan kinerja dimasa yang akan datang,” pungkas Pj Bupati Tungagung Dr.Ir. Heru Suseno, M.T,.

Reporter : Mujiono

Loading

32 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *