Lpk | Tulungagung – Puskesmas Pucang laban mengadakan Kegiatan Pembinaan Kegiatan Kebugaran Jasmani Anak Sekolah Yang bertempat dilapangan tepatnya di depan Puskesmas pucanglaban Jln Sarangangin No.11 RT 01/RW 03 Desa Sumberdadap, Kecamatan Picanglaban, Kabupaten Tulungagung. Jumat ( 27/09/2024) Sekira pukul 08.00 Wib.

Kegiatan dihadiri oleh Plt Kupt Puskesmas pucanglaban Hanik Mudayanah, SST.,M.Kes beserta Anggotanya, Para guru dan juga para wali murid.

Kegiatan tes kebugaran ini ditujukan kepada siswa siswi Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar. Pemeriksaan tes kebugaran jasmai ini bertujuan untuk mewujudkan siswa siswi yang sehat, bugar, dan berprestasi melalui pemberdayaan aktivitas fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur, dan teratur dilingkungan Sekolah.

Plt Kupt puskesmas pucanglaban, Hanik Mudayah, SST.,M.Kes Melalui Zaini Eko Prayitno mengatakan, Tujuan dari tes kebugaran ini untuk mengetahui tingkat kebugaran para siswa maupun siiswi. Siswa kelas 5 – 6 kita ambil sesuai siswa kelas tinggi yang kita ukur kebugaran jasmaninya, kita cek detak Jantungnya, Nadinya melalui Sistem Rockport. Jadi rockport jenjangangannya siswa akan lari 1000 meter, setelah itu siswa akan kita ukur nadinya. Kalau ada masalah di pergerakan jantungnya atau detak jantungnya pasti nadinya dibawah 100. jikalau nadinya diatas 100 dan ini sudah termasuk dalam rangkain UKS. Kegiatan rockport ini kita laksanakan per semester karena jumlah sekolahnya banyak kalau kita kaper semuanya kita masih kekurangan orang / petugas. Untuk Sekolah yang ada di wilayah Puskesmas pucanglaban ada tiga puluh dua (32) Sekolah sedangkan untuk petugas PP Kesnya cuma satu orang. Jadi kegiatan ini kita laksanakan secara bergilir / Rolling mulai dari kelas A hingga kelas berikutnya hingga mencapai jumlah sekolah yang ada di Kecamatan pucanglaban tersebut terkordinir semuanya ” ucap zaini Eko Prayitno.

Lebih lanjut, Zaini Eko Prayitno menjelaskan, untuk persiapan kelas 6 menginjak SMP juga kita lakukan pengecekan Kesehatan Fisiknya. Dalam artian mulai dari ujung Rambut sampai ujung kaki kita lakukan pengecekan. Kalau Rockport itu yang kita cek kebugaran jasmaninya seperti, Kesehatan jantungnya, nadinya, dan sebagainya. Namun kalau Pemeriksaan kesehatan siswa berkala untuk siswa itu, yang kita cek dari ujung rambut sampai ujung kaki. Mulai dari kukunya yang panjang panjang, rambutnya berketombe ataupun tidak, kulitnya berkoreng atau tidak untuk ngantispasi agar siswa tidak terdampak penyakit,” jelas Zaini Eko Prayitno.

Selain itu, Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian Sekolah dalam mendukung gerakan masyarakat untuk hidup sehat serta meningkatkan derajat kesehatan dan prestasi siswa menuju Indonesia Emas tahun 2045 mendatang,” imbuhnya.

Reporter : Mujiono

Loading

35 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *