YALPK | Surabaya – TNI Angkatan Laut ( TNI-AL ) mengerahkan puluhan Alat Utama Sistem Senjata ( Alutsista ) yang terdiri dari 23 Kapal Perang Republik Indonesia ( KRI ), 14 Pesawat Udara dan 139 material tempur Marinir serta 4.242 prajurit dalam kegiatan Latihan Gabungan TNI Tahun 2019 yang puncaknya akan dilaksanakan di perairan Laut dan Pantau Banongan, Situbondo, Jawa Timur pada tanggal 9-12 September 2019 dan rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Sebelumnya guna mempersiapkan keikutsertaan dalam Latihan Gabungan TNI ini, pada bulan Juli 2019 lalu, TNI AL telah menggelar Latihan Puncak Armada Jaya 2019 dengan melaksanakan Gladi Posko di Kodiklatal, Surabaya, Manuvra Lapangan ( Manlap ) di Laut Jawa serta pelaksanaan Operasi Pendaratan Amfibi di Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur.

Adapun urgensi pelaksanaan Latihan Gabungan TNI kali ini di antaranya merupakan wujud pertanggungjawaban TNI kepada pemerintah dan rakyat Indonesia serta merupakan pembinaan dan penggunaan personel maupun alutsista TNI. Kemudian dalam rangka menyiapkan dan mengembangkan konsep operasi sebagai upaya mengatasi kendala dan keterbatasan, serta menjawab permasalahan dalam rangka menghadapi kontijensi secara nyata di lapangan. Dan yang lebih penting adalah dalam rangka menyesuaikan strategi, taktik dan teknik bertempur dengan menggunakan alutsista yang dimiliki TNI, sehingga akan terwujud profesionalisme prajurit TNI serta kesiapsiagaan operasi satuan yang tinggi untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang mungkin terjadi.

 

Tema yang diangkat dalam Latgab TNI Tahun 2019 ini adalah ” Komando Gabungan ( Kogab ) TNI melaksanakan kampanye militer di mandala operasi, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia “.

Sebelumnya, upacara pembukaan Latihan Gabungan ( Latgab ) TNI Tahun 2019 telah dilaksanakan di Lapangan Upacara Sudirman, Sesko TNI, Bandung dan kemudian akan dilanjutkan dengan Gelar Pasukan yang rencananya akan dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat ( Kasad ) Jendral TNI Andika Perkasa mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. dengan menginspirasi kesiapan alutsista maupun prajurit yang terlibat dalam latihan tersebut di Dermaga Koarmada II Ujung, Surabaya , Jawa Timur pada hari Kamis ( 5/9 ).

Sejumlah serial latihan akan dilaksanakan baik Komando Tugas Latihan Gabungan ( Kogaslagab ), Komando Tugas Gabungan Amfibi ( Kogasgabratmin ) diawali dengan Penembakan oleh Kogasiagab yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu ( 7/9 ) dengan melibatkan KRI Sultan Iskandar Muda-365 dan KRI Frans Kaisepo-368 serta diakhiri dengan pendaratan pasukan di Pantai Bonangan, Situbondo Jawa Timur, Rabu ( 11/9 ). ( ir/jf ).

Loading

475 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *