Lpk | Kediri – Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial kembali dibagikan.Namun cara pelayananya berbeda dengan cara sebelumnya.Kali ini mereka tidak perlu mengambil di kantor Pos.Warga penerima BST cukup menunggu di rumah saja. Petugas PT Pos yang akan mengantar ke alamat warga penerima.Metode cara penyampaian BST langsung ke rumah warga penerima dilakukan untuk menghidari kerumanan warga.Cara penyampaian langsung ke rumah penerima manfaat sudah dijalankan di Kelurahan Pocanan 15/07/2021.

Besaran rupiah yang diterimakan pada periode ini senilai Rp.600 ribu untuk 2 bulan, yaitu Mei dan Juni. Jadi bulan Mei mereka menerima Rp.300 ribu dan Juni Rp.300 ribu.

Sigit Sugiharto, kepala Kantor POS Kota Kediri mengatakan, “Kita melakukan dengan pola  door to door  atau diantar langsung oleh petugas ke rumah masing-masing penerima sehingga tidak terjadi pada saat pembagian,” terangnya.

Sigit juga mengatakan bahwa pembagian juga dipiroritaskan di teras rumah warga tanpa masuk kedalam. Menjadi bagi warga yang tidak mendukung untuk keluar, maka petugas baru masuk dengan jumlah terbatas.

Menurut Sigit “pola pembagian langsung dari rumah ke rumah penerima oleh petugas PT Pos diperkirakan memakan waktu seminggu,” jelasnya.

Sementara itu, Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri mengatakan bahwa terobosan ini merupakan suatu upaya percepatan pembagian bantuan sosial kepada masyarakat. “Pada pasa PPKM darurat ini banyak masyarakat yang membutuhkan, sehingga perlu dilakukan percepatan, baik bansos dari APBD maupun APBN” terang Kutut.

“Jadi selagi bansos Santunan Hadapi Bencana Tunai (Kartu Sahabat) dibagikan, bansos yang lain juga berjalan seperti BST yang kami bagikan pagi ini,” imbuh Kutut.

Disebutkan oleh Kutut, sementara ini terdapat 9058 KPM penerima BST pada periode Mei dan Juni 2021. Namun dimungkinkan bertambah karena ada data susulan kementrian sosial yang masuk bertahap. Pada kesempatan tersebut, Kutut mengajak masyarakat untuk turut serta dalam mengawal bantuan bantuan.

“Masyarakat bisa ikut mengawasi, bilamana bertemu penerima kurang tepat sasaran, maka bisa disampaikan kepada kami untuk pertemuan data yang akan datang kami usulkan ke pusat,” pungkasnya.

Menurut Kutut, jika ada yang dinilai kurang tepat sasaran bisa disampaikan melalui kelurahan setempat, call center Covid-19 Kota Kediri di nomor (0354) 2894000 atau 08113787119.

Dewi Muniroh, warga RT 3 RW 1 Kelurahan Pocanan ini merasa sangat senang dan senang karena metode  door to door  ini sangat memudahkan masyarakat. “Alhamdulillah saya senang sekali, sangat memudahkan, jadi tidak perlu berkerumun apalagi musim korona begini saya jadi takut kalau berkerumun-kerumun begitu,” ungkapnya.

Reporter : Arif-Effendi

Loading

264 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *