YALPK | Sidoarjo – Guna mengetahui kenaikan harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) dan makanan yang kedaluwarsa (expired). Forkopimka dan Dinas Kesehatan Kecamatan Krian mengadakan Inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Tradisional dan Modern Krian, Kamis pagi (16/5/2019)

Tim yang dipimpin langsung Kapolsek Krian Kompol M. Kholil, S.H, M.H. di Pasar Tradisional menyisir lapak penjual sembako, pedagang ikan dan daging. Beberapa bahan kebutuhan komoditi seperti, bawang putih, cabe, minyak goreng, beras yang sempat harganya naik beberapa hari yang lalu, kini harganya stabil bahwa turun.

Ketua tim setelah sidak mengatakan, ketersediaannya bahan kebutuhan yang cukup menjadikan harga stabil. Dan beberapa komoditi tidak ada kenaikan.

“Kami beserta tim ingin tahu sejauh mana kenaikan harga sembako maupun bahan kebutuhan yang lainya. Selain itu jangan sampai konsumen tertipu atau dikelabui dengan barang yang sudah lama (expired)” kata Kapolsek Krian

Lanjut Kapolsek, Ia beserta timnya selalu memonitoring. Jangan sampai harga dipermainkan oleh pelaku atau spekulan yang sengaja mengeruk keuntungan dengan memanfaatkan moment ramadhan dan Idul Fitri. Bila itu terjadi pihaknya secara tegas akan menindaknya, ucapnya.

Camat Krian Agus Muliadi, S.Sos juga ikut langsung dalam sidak, ketika menyisir lapak pedagang daging, ditemukan hati sapi yang tidak layak dikonsumsi yang diperkirakan sudah 3 hari di lapak milik Husen warga Krian. “Hati ini dijual untuk makanan ternak” dalih Husen.

Mendapati yang demikian Camat krian, memperingatkan supaya penjual tidak lagi menjual barang yang tidak layak dikonsumsi. “Ini keteledoran dari penjual, jangan sampai menjual barang yang tidak layak, dan juga sudah diturunkan dari lapak. Kami menghimbau kepada penjual supaya menjual barang sesuai dengan aturan, yaitu layak konsumsi” ujar Agus.

Produk kecantikanpun tidak luput dari sidak, hal ini dilakukan karena untuk memberi rasa aman kepada konsumen, “Dari produk kecantikan tidak ditemukan adanya barang expired semua sudah NA yang dulu BPOM. Jadi masyarakat aman mengkonsumsinya” kata Sri Utami dari Dinas Kesehatan Puskesmas Krian, yang ikut sidak.

Dari sidak yang telah dilakukan menurut ketua tim sidak, kebutuhan sembako maupun kebutuhan yang lainnya selama Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri tercukupi, sehingga tidak ada kenaikan harga yang signifikan di Wilayah Krian. (jun/amr )

Loading

411 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *