Lpk | Tulungagunģ – Pemeritah Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Melaksanakan Kegiatan Upacara Labuh Laut yang merupakan agenda rutin dilaksanakan oleh pemerintah Desa Kalibatur pada setiap tahunnya. Acara kegiatan dilaksanakan di Dusun Sine pada hari Jumat 07 Juni Tahun 2024.

Kegiatan Labuh Laut dihadiri.Camat Kalidawir, Rusdiyanto, S.STP, MM, Danramil 08/07 Kalidawir, Kapten INF Hariyanto, Kapolsek Kalidawir, AKP. Sudariyanto, S,Sos, Kepala Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung, Santoso, M,Si, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Drs.Bambang Ermawan,M,Pd, Kepala Dinas perikanan Tulungagung, Kepala Desa Kalibatur, Asim, Forkopimcam Kalidawir, OPD, Kabupaten Tulungagung, Bappeda, UPT Popoh, IPPP popoh, Pokdarwis Sine, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas Desa Kalibatur, Perangkat Desa Kalibatur, dan seluruh Tamu Undangan lainnya.

Ketua Panitia labuh Laut Jaiman dalam sambutannya mengucapkan, Selamat datang /sugeng rawuh kepada bapak/Ibu Tamu undangan yang berkenan hadir untuk memenuhi undangan ini. Mudah mudahan atas kerelaan hati bapak / Ibu dicatat menjadi amal baik yang dapat di petik menjadi amal baik setelah di kemudian hari nanti. Jaiman Selaku panitia penyelenggara acara Upacara Labuh laut juga berharap, Semoga untuk kedepannya upacara Labuh laut ini di kemas di promosikan sebagai wisata. Karena upacara labuh laut ini merupakan peninggalan dari para pendahulu kita dan sekarang menjadi adat budaya yang sudah diwariskan kepada generasi penerus untuk dilestarikan dan Alhamdulilah kegiatan labuh laut ini sudah menjadi agenda rutin pada Setiap tahunnya. Ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Drs.Bambang Ermawan. M, Pd, dalam Sambutannya mengatakan, menyertai rasa Syukur kita kegiatan labuh laut 2024 merupakan program kerja tahunan yang bertujuan sebagai wujud syukur Masyarakat pantai Sine pada Tuhan yang Maha Esa atas limpahan hasil laut dari masa ke masa. Serta membantu Pemerintah memajukan Pariwisata dan Ekonomi masyarakat sekitar pantai sine, Sehingga pantai Sine semakin dikenal masyarakat luas Tulungagung sekaligus bisa meningkatkan Kesejahteraan serta bisa melestarikan Budaya yang ada ini,” terangnya.

Drs.Bambang Ermawan,M,Pd menjelaskan, Terkait kegiatan hari ini kami Sampaikan bahwa generasi muda kita tidak melupakan budaya leluhur bangsanya bahkan berusaha mengedukasi generasi di bawahnya dan masyarakat dengan melestarikan budaya sendiri. Hal ini membuktikan bahwa seluruh elemen yang ada di Kabupaten Tulungagung bersatu pada menggelorakan dan bahu membahu membangun Tulungagung tercinta terhadap budaya sendiri Seperti, Budaya gotong Royong Masyarakat, Norma dan Etika masyarakat, Kejujuran serta memiliki peran yang penting dan Strategis dalam menyatukan seluruh perbedaan yang ada. Untuk itu bisa dilakukan seluruh lapisan masyarakat dari segala usià, Profesi, Suku Bangsa dan bangsa manapun, tutur Drs.Bambang Ermawan.M, Pd.

Masih kata Drs.Bambang Ermawan,M,Pd, Selain itu bisa di manfaatkan sebagai sarana yang dapat digunakan untuk mengurangi dampak Negatif dikalangan remaja sekaligus mengajarkan dan menanamkan rasa cinta akan budaya luhur bàngsa indonesiasendiri.

Drs. Bambang Ermawan,M,Pd juga berharap semoga kegiatan terus terlaksana sècara terùs menerus sehingga bisa mensejahterakan masyarakat Sine dan masyarakat di wilayah kabupaten Tulungagung, pungkasnya.

Reporter : Mujiono

Loading

66 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *