YALPK | Sidoarjo – Satgas pangan Sidoarjo terus gencar melakukan pemantauan dan mewaspadai lonjakan harga dan stok bahan pangan di pasaran Sidoarjo. Kali ini, petugas melakukan sidak di pasar Gedangan. Di pasar tersebut, petugas fokus memantau harga bahan sayur mayur, cabe dan bawang.

“Harga relatif stabil. Meskipun pernah mengalami kenaikan atau penurunan harga,” ucap Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol M. Harris, Selasa (21/5/2019).

Menurutnya, fluktuasi harga tetap ada. Namun, dari pantauan terakhir di pasar harganya relatif lebih turun. Sebagai contoh, harga bawang putih. Dari pantauan pertama harga dikisaran Rp 33 ribu, dan sekarang di pasar tersebut di kisaran Rp 30 ribu.

Disampaikannya, hingga saat ini, pihaknya belum menemukan kenaikan harga yang paling menonjol. Sedangkan, untuk pelanggaran yang memanfaatkan situasi harga juga belum ditemukan.

Kalaupun ada pelanggaran, kata Harris, itu bisa dilihat dari ketersediaan bahan pangan yang sangat langka. Kalau semua masih ada, berarti tidak ada yang bermain atau memanfaatkan harga.

“Semua relatif aman, dan tidak ada kenaikan harga yang menonjol,” jelasnya.

Di waktu yang sama, Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Sidoarjo, Listyaningsih, mengatakan, operasi itu masih tetap dilakukan hingga lebaran idul fitri 1440 H nanti. Sehingga, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan selama lebaran.

Selain operasi pasar, pihaknya juga melakukan kegiatan paket sembako murah, yang akan dilaksanakan tanggal 24 Mei 2019 di GOR gelora delta Sidoarjo.

“Kami menyediakan 3000 kupon, untuk sembako murah,” ujarnya.

Dirinya juga menuturkan, karena keterbatasan anggaran, kegiatan paket sembako murah ini sementara hanya untuk warga di wilayah kecamatan Buduran, Candi dan Sidoarjo.

“Lokasinya dekat dengan GOR. Kami juga akan ajukan, untuk warga di wilayah kecamatan lainnya,” pungkasnya.(jun/amr)

Loading

530 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *