YALPK | Madiun – Desa Wisata merupakan produk terbaru dalam industri pariwisata. Perkembangan potensi ekonomi yang dihasilkan membuat banyak desa di Indonesia berbondong-bondong memoles desanya menjadi sebuah destinasi pariwisata dengan label “Desa Wisata”. Terbukti, banyak desa wisata yang mampu memberikan keuntungan dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya menjadi lebih baik.

Mengakhiri masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Merdeka Madiun Tahun 2019 di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun (Minggu, 17/03/19) telah dilakukan  Pencanangan Rintisan Kawasan Wisata Sumur Gemuling Desa Glonggong.

Sumur Gemuling adalah suatu daerah yang memiliki potensi air sangat bagus. Sumber daya air yang ada di kawasan Sumur Gemuling tidak pernah habis sepanjang tahun. Sumur Gemuling terletak di Dusun Umbul Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun.  Kawasan ini dekat dengan Taman Wisata Umbul yang hanya berjarak 300 meter. Sumur Gemuling memiliki beberapa karakteristik yang tidak dimiliki daerah lain. Antara lain sumber air yang terus mengalir dari gao yang terdapat di bawah pohon Trembesi Raksasa. Air mengalir bening cukup deras  dan di tampung di sendang yang biasanya untuk mandi anak-anak. Pemandangan alamnya yang asri  menambah suasan makin segar. Sehingga daerah ini cocok  untuk menjadi daerah tujuan wisata baru berbasis keindahan alam, kuliner maupun budaya (nantinya).

Memang, dalam membangun dan mengembangkan desa wisata bukan perkara mudah. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pembangunan desa wisata. Seperti yang di sampaikan Hartoyo Kepala Desa Glonggong, “Langkah yang akan kami lakukan dalam pembangunan rintisan Desa Wisata Sumur Gemuling sebagai destinasi wisata Kabupaten Madiun adalah pertama pemetaan dan identifikasi potensi wisata yang ada dan itu telah kami lakukan bersama Mahasiswa KKN Universitas Merdeka Madiun. Yakni sebuah langkah untuk mengenali dan mengidentifikasi potensi wisata di desa Glonggong. Potensi tersebut bisa berupa potensi alam, kuliner maupun seni dan kebudayaan.   kami akan berupaya dan berusaha memaksimalkan kerja sama diantara elemen-elemen terkait. Kami juga menggarapkan bimbingan Asidewi dan  Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun”. Terangnya.

Rencananya kawasan wisata ini akan dikelola maksimal oleh BUMDES Desa Glonggong.

Harapan masyarakat kepada Kepala Desa Glonggong hendaknya setelah pencanangan dilakukan langkah-langkah penganggaran guna mewujudkan Sumur Gemuling menjadi tujuan Wisata favorit.

Sarjono Kamituwo Kelingan Desa Gonggong juga berharap kepada Pemerintah Desa untuk merencanakan  atau melakukan study banding ke desa lain yang memiliki potensi wisata alam yang hampir sama. Sehingga dalam pengelolaan mendapat acuan dan perbandingan. (wid)

Loading

1,986 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *