YALPK | Malang – Sebanyak 60 pasien peserta BPJS Kesehatan yang ditagani Balai Kesehatan Pangkalan TNi AL (Lanal) Malang, Lantamal V, Koarmada ll menjalani kegiatan Program Lanjutan Penyakit Kronis (Prolanis) di Balai Kesehatan Lanal Malang, Jumat (22/3).

Menurut Kepala BK Lanal Malang, dr. Bahari Al Barru mengatakan bahwa pasien Prolanis ini berasal personel dan keluarga Lanal Malang, maupun pasien umum yang setiap bulannya rutin melaksanakan pengecekan kondisi kesehatan melalui Prolanis.

Prolanis lanjut Bahari, merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan promotif dan preventif yang dikembangkan BPJS Kesehatan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Prolanis dikembangkan karena penyakit kronis seperti diabetes mellitus dan hipertensi tergolong penyakit yang menyedot biaya paling besar.

“Program ini juga telah dimulai sejak BPJS Kesehatan masih berbentuk PT Askes (Persero),” terangnya.

Menjritnya, kegiatan Prolanis diisi dengan edukasi kesehatan tentang penyakit diabetes, penyakit kulit, serta dilaksanakan pemeriksaan kesehatan meliputi GDP dan HBA1C terhadap peserta.

Meski harus antri, para peserta Prolanis yang ingin mengecek rutin kesehatannya, tetap memperlihatkan wajah ceria dan senyumnya.

Kegiatan Prolanis diakhiri dengan Senam Sehat Lansia bertempat dihalaman balai Kesehatan Mako Lanal Malang.(jf)

Loading

591 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *