YALPK | Blitar – Hari ini, Kamis 14 Maret 2019 pukul 10.00wib bertempat di Kantor Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon berlangsung kegiatan Rapat Tiga Pilar yang mengambil tema Peningkatan Kewaspadan Dini Masyarakat Bersama Tiga Pilar.

Tema ini sarat makna serta sangat mendasar bagi kelangsungan hidup bermasayarakat di era demokrasi dan perkembangan informasi teknologi yang begitu pesat saat ini.

Dengan tidak mengesampingkan kebhinekaan dalam bermasyarakat, Tiga Pilar yang ada ditengah-tengah masyarakat ini sangat strategis dalam menciptakan suasana yang rukun damai, siskamtibmas yang kondusif serta memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas itu sendiri harus dapat membimbing masyarakat bagi terciptanya pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman masyarakat di desa atau kelurahan. Bhabinkamtibmas juga harus membina partisipasi masyarakat dalam rangka pembinaan Kamtibmas secara swakarsa disamping melakukan tugas-tugas kepolisian secara umum.

Untuk itu, dalam mensinergikan peran ketiga pilar tersebut maka harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama-sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, komitmen mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan. Ditengah-tengah era sekarang ini menuntut keprofesionalan petugas dalam membina dan membimbing masyarakat yang ada di Desa binaannya.

Itulah salahsatu tujuan diadakannya Rapat Peningkatan Kewaspadaan Dini ini. “Semoga warga masyarakat kita semua dapat saling menjaga kerukunan serta keamanan lingkungan sehingga siap siaga setiap saat dalam menghadapi situasi apapun yang bermuara pada stabilitas kemanan lingkungan sekitar”. tutur Aiptu Sutomo Kanit Binmas Polsek Sanankulon.(dy)

Loading

498 Kali Dilihat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *